22 Ribu Personel Polisi Diterjunkan Kawal Aksi 2 Desember

Arga sumantri    •    Selasa, 29 Nov 2016 06:22 WIB
unjuk rasa
22 Ribu Personel Polisi Diterjunkan Kawal Aksi 2 Desember
Iustrasi polisi. ANTARA

Metrotvnews.com, Jakarta: Polri siap menerjunkan 22 ribu personelnya buat mengawal jalannya aksi 2 Desember. Aparat bakal diposisikan di seputaran titik aksi yang berpusat di Lapangan Monas, Jakarta Pusat.

"Yang sifatnya perlu pengaturan dan pengamanan di silang Monas, dan penentuan tempat panggung khususnya bagi khotib untuk salat Jumat dan juga pintu masuk," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar usai rapat pengamanan aksi 2 Desember di Mapolda Metro Jaya, Senin (28/11/2016) malam.

Selain lokasi tadi, polisi juga bakal ditempatkan di area parkir kendaraan massa yang nantinya bakal disiapkan. Polisi juga menjaga sarana dan prasarana yang disediakan buat menunjang demonstrasi bertajuk Aksi Bela Islam Jilid 3 itu.

"Sarana tuh apa saja? seperti tempat berwudu, toilet, dan lain-lain sampai seperti itu. Dan masalah teknisnya lainnya," ucap Boy.

Malam ini, Polri dan TNI mengadakan pertemuan di Gedung Utama Mapolda Metro Jaya. Bahasan pertemuan terkait mekanisme pengamanan aksi unjuk rasa 2 Desember mendatang.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin langsung jalannya rapat. Tampak pula Kabareskrim Komjen Ari Dono dan sejumlah pimpinan Polri lainnya. Pangdam Jaya Mayjen Teddy Lhaksmana dan unsur pimpinan TNI lainnya juga turut hadir dalam pertemuan.

Unjuk rasa 2 Desember disepakati bakal berlangsung di Monas, Jakarta Pusat. Lokasi demonstrasi bertajuk Aksi Bela Islam jilid 3 itu bergeser dari rencana semula di Jalan Sudirman hingga MH Thamrin.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyambut baik kesepakatan itu. Dia pun memastikan tak akan ada pihak yang dirugikan dengan aksi demonstrasi 2 Desember. Sebab, tidak akan menggangu ketertiban umum.


(OGI)