Tempat Ibadah Dijaga Maksimal Jelang Natal

Lukman Diah Sari    •    Selasa, 29 Nov 2016 12:01 WIB
perayaan natal dan tahun baru
Tempat Ibadah Dijaga Maksimal Jelang Natal
Kapolri Jenderal Tito Karnavian -- MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Polri melakukan berbagai persiapan jelang Natal dan Tahun Baru 2017. Persiapan dilakukan karena bakal ada banyak pergerakan masyarakat saat Natal dan Tahun Baru.

"Kami akan melakukan pengamanan maksimal di tempat ibadah dan mengantisipasi potensi konflik," terang Kapolri Jenderal Tito Karnavian usai berkoordinasi dengan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi‎, Rupatama Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (29/11/2016).

Selain soal pengamanan, juga dibahas soal antisipasi kemacetan selama liburan Natal dan Tahun Baru. Kementerian Perhubungan akan menilik moda angkutan darat, laut, dan udara yang akan diberdayakan dan mengecek titik-titik kemacetan yang biasa terjadi.

"Tahun lalu ada Brexit (Brebes exit). Tahun ini, kemungkinan kemacetan terjadi di Merak, Bakauheni, dan beberapa tempat di Jabar, Jateng, dan Jatim," ujar Menhub Budi.

Sedangkan, Enggartiasto menyatakan stok pangan aman jelang Natal dan Tahun Baru. Masyarakat diminta tidak khawatir dengan ketersediaan pangan.

"Beras cukup untuk enam bulan ke depan. Untuk bahan pokok di luar beras, rata-rata terpenuhi sampai Februari," jelasnya.

Pihaknya, lanjut Mendag, akan melakukan kunjungan pasar untuk memantau harga dan mencegah upaya penimbunan. "Saya meyakini, kalau terjadi hanya sedikit karena kami akan ajak bicara mereka," kata Enggartiasto.


(NIN)