Prestasi Indonesia Meningkat di Asian Para Games 2018

Ilham wibowo    •    Sabtu, 13 Oct 2018 21:47 WIB
Asian Para Games
Prestasi Indonesia Meningkat di Asian Para Games 2018
Ilustrasi. Penutupan Asian Para Games 2018. MI/Rommy Pujianto

Jakarta: Indonesia mengukir sejarah dari segi prestasi di ajang Asian Para Games (APG) 2018. Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut prestasi kontingen Indonesia di Asian Para Games kali ini meningkat dari dua penyelenggaraan sebelumnya. 

"Kami mohon maaf karena target yang Presiden (Joko Widodo) berikan kepada kontingen Indonesia ternyata meleset, meleset ke atas. Indonesia pada peringkat kelima melebihi prestasi pada dua Asian Para Games sebelumnya," kata Kalla saat menutup Asian Para Games 2018 di Stadion Madya Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu, 13 Oktober 2018.

Penyelenggaraan Asian Para Games 2018, kata Kalla, juga menjadi pekan bersejarah bagi Indonesia. Selain memperoleh peningkatan prestasi, Indonesia juga dinilai berhasil sebagai penyelenggara pesta olahraga se-Asia yang diikuti 2.762 atlet dari 43 negara peserta tersebut. 

Menurut Kalla, keikutsertaan ribuan atlet penyandang disabilitas ini menjadi bukti bahwa kekurangan fisik bukan menjadi penghalang untuk berprestasi. Keberhasilan para atlet meraih medali di Asian Para Games 2018 juga menjadi momen kejayaan terbaik sehingga dapat mengubah persepsi masyarakat terhadap para penyandang disabilitas.

"Selama seminggu penuh kita telah diberikan insipirasi, semangat para atlet serta upaya hebat mereka untuk mendobrak batas diri dan keluar sebagai pemenang," ucap Kalla.

Baca: Kalla: Atlet Asian Para Games Pemenang Kemanusiaan

Asian Para Games 2018 diikuti sebanyak 2.762 atlet dari 43 negara peserta yang mengikuti 512 nomor pertandingan dari 18 cabang olahraga. Jumlah itu di luar 16 nomor pertandingan non-medali pada cabang para-atletik dan para renang. 

Hasil akhirnya, Indonesia berada di peringkat kelima dengan total perolehan 135 medali, yakni 37 emas, 47 perak da 51 perunggu. (Antara)




(AGA)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA