Musim Libur Penyebaran Virus Difteri Turun

Dea Andriani    •    Jumat, 29 Dec 2017 15:14 WIB
klb difteri
Musim Libur Penyebaran Virus Difteri Turun
Ilustrasi difteri - MI.

Jakarta: Musim libur panjang Natal dan Tahun Baru 2018 menurunkan sasaran difteri di Indonesia. Sebab, mayoritas masyarakat sedang terpencar ke berbagai daerah. 

"Kalau anak-anak ada di satu kelas, satu asrama, atau di satu tempat kerja, (persebaran difteri) sangat mudah. Tapi kalau tempat-tempat itu kosong dan mereka berpencar, itu menurun persebarannya," ujar Direktur Utama Surveilans dan Karantina Kesehatan Kementerian Kesehatan Elizabeth Jane Soepardi  saat dihubungi Medcom.id, Jumat, 29 Desember 2017.

Tapi, lanjut Jane, bukan berarti persebaran difteri sepenuhnya hilang. Karena, bisa saja ada penularan baru di daerah yang dituju terjangkit difteri. 

"Mungkin saja ada persebaran di daerah lain, tapi ternyata pada waktu libur di mana mereka pindah ke daerah tujuan selama ini belum ada laporan (kasus difteri)," tutur dia. 

Ini kata Jane bisa jadi salah satu indikator bahwa outbreak response immunization (ORI) yang dilakukan cukup berhasil. Kemenkes mencatat 
hingga Desember 2017 terdapat 12 kabupaten/kota yang sudah melakukan ORI.

Yakni Jakarta Utara, Jakarta Barat, Karawang, Purwakarta, Bekasi, Bekasi Kota, dan Depok, Kota Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Tangerang Selatan.




(REN)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

4 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA