KPI Perpanjang Izin Siaran Metro TV Hingga 2026

Damar Iradat    •    Sabtu, 15 Oct 2016 00:10 WIB
siaran televisi
KPI Perpanjang Izin Siaran Metro TV Hingga 2026
Kick Andy, salah satu program talk show inpiratif yang disiarkan Metro TV.

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menyerahkan Izin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP) untuk Metro TV selama 10 tahun ke depan. Nomor IPP Metro TV 1816 tahun 2016 dan akan berlaku hingga tahun 2026.

Ketua KPI Pusat Yuliandre Darwis mengatakan, setiap stasiun televisi harus memegang teguh komitmen yang ditandatangani oleh para pimpinan lembaga televisi dalam rangka perbaikan kualitas program di layar kaca. Televisi swasta juga diminta agar fungsi penyiaran sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, serta kontrol dan perekat sosial dapat dilaksanakan secara seimbang.

"Jangan sampai televisi didominasi oleh hiburan semata," ungkap Yuliandre di Gedung KPI, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Jumat (14/10/2016).

Yuliandre juga menegaskan, lembaga penyiaran harus menjaga independensi dan netralitasnya dalam agenda kontestasi politik, baik tingkat nasional ataupun lokal. Selain itu, menjaga frekuensi yang dipinjamkan negara ini, semata-mata untuk kepentingan publik.

"Kami berharap, tidak ada lagi blocking time dengan durasi yang tidak wajar untuk menyorot kehidupan pribadi artis ataupun publik figur yang tldak ada kaitannya dengan kepentingan publik”, pungkasnya.

Vice President Director of Metro TV, Suryopratomo menegaskan, perpanjangan izin memberi dampak positif bagi Metro TV. Dengan perpanjangan izin siar ini, publik maupun KPI sebagai lembaga negara masih mempercayai Metro TV sebagai salah satu stasiun televisi.

"Tentu ini adalah kepercayaan bahwa Metro TV telah menjalankan peran untuk bagaimana sesuai dengan perintah undang-undang menayangkan program-program yang berpendidikan, sesuatu yang menggambarkan ke-Indonesia-an," ungkap pria yang akrab disapa Tommy itu.

Ia menambahkan, hal ini juga tentunya memberi kesempatan lagi bagi Metro TV untuk melanjutkan apa yang memang dicita-citakan oleh pendiri Metro TV. Ke depan, Metro TV terus berharap bisa menjadi salah satu stasiun televisi yang memberikan manfaat untuk ikut serta memajukan bangsa dan negara.

Pada acara malam penyerahan IPP, Ketua KPI Yuliandre Darwis didampingi para komisioner KPI Pusat, serta ketua dan wakil ketua KPID Jakarta. Tidak hanya itu, 10 pimpinan direksi lembaga penyiaran televisi juga turut hadir dalam acara itu.

Selain Metro TV, lembaga penyiaran televisi yang turut diperpanjang masa siarnya antara lain; RCTI, Global TV, TV One, ANTV, MNC TV, Indosiar, SCTV. Trans TV, dan Trans 7.


(MEL)

Anies Baswedan Dukung Anti Kekerasan Perempuan

Anies Baswedan Dukung Anti Kekerasan Perempuan

1 hour Ago

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara deklarasi …

BERITA LAINNYA