Waktu Tempuh KRL Bogor-Jakarta Bertambah 10 Menit

Eko Nordiansyah, Marcheilla Ariesta    •    Minggu, 12 Aug 2018 15:13 WIB
stasiun kereta api
Waktu Tempuh KRL Bogor-Jakarta Bertambah 10 Menit
Calon penumpang kereta commuter line menyeberang rel kereta di Stasiun Manggarai, Jakarta. Foto: MI/Ramdani.

Jakarta: Waktu tempuh kereta rel listrik (KRL) lintas Bogor-Jakarta bertambah hingga 10 menit. Ini adalah imbas penyelesaian pembangunan proyek double-double track (DDT) paket A Stasiun Manggarai-Jatinegara fase I 2018.

Kepala BTP Wilayah Jakarta dan Banten Yusrizal menerangkan pihaknya mematikan sementara jalur 6 dan 7 di Stasiun Manggarai per Sabtu, 11 Agustus 2018. Pelayanan KRL Bogor Line dan kereta api (KA) komuter bandara dipindah ke jalur 8, 9 dan 10. 

"Perubahan pola operasi berdampak pada bertambahnya waktu perjalanan KRL sekitar 5-10 menit. Sebagai contoh, waktu perjalanan KRL lintas Bogor-Jakarta Kota dari yang semula 1 jam 55 menit menjadi 2 jam atau 2 jam 5 menit," kata Yusrizal dalam keterangan tertulis, Minggu, 12 Agustus 2018.

Menurut dia, nantinya, Stasiun Manggarai akan menjadi perhentian terakhir untuk perjalanan kerata api jarak jauh. Jalur di stasiun itu pun akan dibangun dua tingkat untuk memisahkan jalur antara KA jarak jauh, KA commuter Jabodetabek, dan KA komuter bandara. 

Stasiun Manggarai juga akan dibangun 3 lantai. Lantai 1 akan terdiri dari jalur KA lintas Bekasi 4 jalur, KA komuter bandara 4 jalur dengan panjang peron untuk 12 stamformasi kereta.

Lantai 2 Stasiun Manggara seluas kurang lebih 9.108 meter persegi akan menjadi tempat layanan penumpang. Ruangan itu dengan kapasitas 17.800 orang itu akan dilengkapi lift dan eskalator.

"Lantai 3 akan terdiri dari jalur KA utama 6 jalur dan Bogor line 4 jalur dan panjang peron untuk 12 stamformasi kereta," jelas dia.

Paket A DDT diharap selesai pada akhir 2020. Pemerintah pun meminta maaf kepada pengguna KRL. Penumpang dimohon bisa memaklumi kondisi ini hingga pembangunan di Stasiun Manggarai selesai. 

Pemerintah bersama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) sebagai operator mengimbau masyarakat menyesuaikan waktu perjalanan ketika menggunakan KRL. Di sisi lain, petugas di titik-titik perpindahan penumpang serta pada pengaturan perjalanan kereta akan ditambah. 

"Pemerintah berharap ke depan, dengan selesainya pembangunan Stasiun Manggarai animo masyarakat untuk tetap memilih kereta api ketika melakukan perjalanan akan terus meningkat karena kapasitas stasiun yang menjadi lebih besar serta fasilitas stasiun yang lebih baik," pungkas Yusrizal.


(OGI)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA