Perguruan Tinggi Diminta Ikut Menjaga Keutuhan Bangsa

Whisnu Mardiansyah    •    Rabu, 26 Jul 2017 11:19 WIB
nkri
Perguruan Tinggi Diminta Ikut Menjaga Keutuhan Bangsa
Menhan Ryamizard Ryacudu. Foto: MTVN/Whisnu Mardiansyah.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mendorong perguruan tinggi tidak hanya mampu berperan mencetak generasi berkualitas. Mereka juga diminta melahirkan generasi yang cinta Tanah Air dan mampu menjaga keutuhan bangsa dan negaranya. 

"Kesadaran menjaga persatuan dalam kebinekaan, taat hukum, disiplin, memiliki, daya juang tinggi, kerelaan berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara, yakni setia kepada Pancasila dan UUD 1945," kata Ryamizard  dalam rapat koordinasi pembekalan kepada rektor/ketua/direktur dan koordinator Kopertis Perguruan Tinggi dalam rangka pembinaan kesadaran bela negara (PKBN) bagi mahasiswa baru di Ruang A.H Nasution Kemenhan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu 26 Juli 2017.

Dengan nilai-nilai tersebut, mahasiswa diharapkan mampu membentengi diri dari pengaruh-pengaruh yang berpotensi mengancamdirinya, lingkungan, bahkan bangsa, dan negaranya. Nilai-nilai kecintaan kepada Tanah Air yang dihasilkan dari perguruan tinggi dapat menjadi contoh bagi generasi muda berikutnya.

Menhan berharap melalui PKBN, mahasiswa baru memiliki tanggung jawab menerapkan nila-nilai bela negara di dalam kampus maupun luar kampus. Pembekalan bela negara ini harus dilaksanakan setiap tahunya bukan hanya pada mahasiswa baru tetapi juga mahasiswa secara keseluruhan.

Dalam acara ini turut hadir Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menko Polhukam Wiranto dan beberapa perwakilan dari rektor, direktur perguruan tinggi dan swasta di Indonesia. Rakor pembekalan ini adalah tindak lanjut kesepakatan bersama antara menteri pertahanan dan menteri riset teknologi dan pendidikan tinggi yang ditandatangani 6 Agustus 2016. Hal itu ditindaklanjuti dengan Surat Menhan kepada Menristekdikti Maret 2017 tentang pelaksanaan pembinaan kesadaran bela negara dalam kegiatan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru.



(OGI)