Penyandang Disabilitas Sambangi Kantor Kementerian di Merdeka Barat

Intan fauzi    •    Kamis, 18 May 2017 11:44 WIB
unjuk rasa
Penyandang Disabilitas Sambangi Kantor Kementerian di Merdeka Barat
Penyandang disabilitas unjuk rasa, Kamis 18 Mei 2017. Foto: MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Ratusan penyandang disabilitas pawai dari Bundaran Patung Kuda hingga Istana Negara. Sebelum sampai Istana, mereka berhenti di depan setiap kantor kementerian di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, untuk menyampaikan kegelisahan.

Tigor Hutapea, pedamping penyandang disabilitas dari LBH Jakarta, membantu mereka dalam menyampaikan aspirasi. Pemberhentian pertama para penyandang disabilitas ialah kantor Kementerian Perhubungan.

"Di samping kita ada Kementerian Perhubungan yang mengurusi bidang transportasi. Apakah transportasi kita sudah membuka akses bagi penyandang disabilitas? Kita kasih huuu... ke Kemenhub," kata Tigor, Kamis 18 Mei 2017.

Tigor menilai, belum ada akses yang memadai bagi penyandang disabilitas menuju sekolah maupun tempat kerja. Ia menilai penyandang disabilitas masih dianggap masyarakat kelas dua.


Foto: MI/Ramdani

Di samping kantor Kemenhub ada kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Tigor mengatakan, pemerintah belum mampu mensejahterakan nasib penyandang disabilitas. Akses untuk mendapatkan pekerjaan masih sulit.

"Bagaimana bisa sejahtera apabila akses ekonomi ditutup dan tidak diberikan keleluasaan," kata Tigor.

Selanjutnya ada kantor Mahkamah Konstitusi. Tigor menilai, keputusan-keputusan hukum yang dikeluarkan MK belum memikirkan dan melibatkan penyandang disabilitas.

Klik: Semangat Penyandang Disabilitas Menagih Janji ke Jokowi

Selanjutnya, berdiri Gedung Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). Tigor mengkritisi peran kementerian yang dipimpin Puan Maharani ini dalam hal koordinasi dengan kementerian lainnya.

"Kita lihat bahwa tugasnya adalah bagaimana koordinasi kementerian yang ada di bawahnya bisa berjalan untuk bangun manusia," tukas Tigor.

Ratusan penyandang disabilitas dari berbagai komunitas disabilitas dan daerah unjuk rasa di depan Istana Negara. Mereka menagih janji Jokowi atas hak-hak penyandang disabilitas sesuai mandat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016.


(TRK)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA