Cikarang Utama Operasikan 21 Gardu Antisipasi Macet Arus Balik

Gana Buana    •    Minggu, 16 Apr 2017 22:59 WIB
lalu lintas
Cikarang Utama Operasikan 21 Gardu Antisipasi Macet Arus Balik
Antrean mobil menuju Jakarta di gerbang tol cikarang utama pada H+3 Lebaran, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (9/7). PT Jasa Marga membuka 21 gerbang tol dan berencana menggratiskan tarif tol jika antrean kendaraan mencapai 5 km. ANTARA FOTO/Rosa Panggabean.

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Jasa Marga memprediksi arus balik libur panjang peringatan hari Paskah terjadi hari ini. Untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas, Jasa Marga mengoptimalkan pengoperaian 21 gardu keluar di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama.

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru menyampaikan, untuk mengurai kepadatan arus balik, pihaknya memiliki beberapa strategi. Di antaranya dengan mengoptimalkan gardu exit sebanyak 17 gardu reguler dan 4 GTO, total ada 21 gardu.

"Gardu keluar dari tol Cikampek di GT Cikarang Utama diperbanyak dari biasanya," ungkap Heru dalam siaran pers, Minggu (16/4).

Heru menyampaikan Jasa Marga juga mengoperasionalkan reversible 4 gardu apabila terjadi kepadatan di GT Cikarang Utama. Dalam kondisi darurat untuk meningkatkan kapasitas transaksi di gerbang tol dilakukan optimalisasi kapasitas GTO, yaitu dengan mekanisme transaksi non tunai pada GTO menjadi transaksi tunai atau tapping e-Toll yang dilakukan petugas pengumpul tol.

Kemudian, lanjut Heru, pihaknya juga akan mengalihkan lalu lintas arah Jakarta untuk keluar GT Cikarang Barat 2 dan masuk kembali melalui GT Cikarang Barat 4. Tujuannya agar titik kemacetan tidak terpusat di satu titik.

"Dalam libur paskah kali ini lalu lintas cenderung normal. Semoga arus balik pun sama," jelas Heru.

Jasa Marga mencatat jumlah kendaraan yang kembali ke Jakarta melalui GT Cikarang Utama pada Sabtu 14 April kemarin ada 73 ribu kendaraan. Jumlah ini meningkat 4 persen dibanding laju harian rata-rata normal yaitu 70 ribu kendaraan.

Diprediksi total lalu lintas masuk Jakarta pada hari ini di GT Cikarang Utama mencapai 98 ribu kendaraan atau naik 11 perden dari lalu lintas normal yaitu 88 ribu kendaraan.


(DEN)

Kematian Saksi Kunci KTP-el (3)

Kematian Saksi Kunci KTP-el (3)

5 hours Ago

Sebuah perusahaan asal Amerika Serikat ikut menyediakan teknologi perekaman KTP-el. Terselip na…

BERITA LAINNYA