Masa Pencarian CVR Lion Air Kemungkinan Ditambah

Kautsar Widya Prabowo    •    Jumat, 09 Nov 2018 07:01 WIB
Lion Air Jatuh
Masa Pencarian CVR Lion Air Kemungkinan Ditambah
Kapal Rigid Inflatable Boat (RIB) bersender di JICT II - Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo,

Jakarta: Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah bertekad untuk terus mencari Cockpit Voice Recorder (CVR) atau rekaman suara di Kokpit pesawat Lion Air PK-LQP hingga ketemu. Sekalipun Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) akan menutup pencarian pada Sabtu, 10 November 2018.

"Tiga hari kan dari Basarnas, untuk KNKT sama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mungkin bisa ditambah lagi," kata Tim Investigator KNKT Ardi Gunawan, di Jakarta Internasional Container Terminal (JICT) II, Jakarta Utara, Kamis 8 November 2018.

Menurut dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan sejumlah stakeholder dalam pencarian CVR di dasar laut tersebut. KNKT bakal bekerja keras menemukan para korban.

"Ya untuk KNKT kan nyari CVR ya, arahannya sampai ketemu ," tambahnya.

(Baca: Delapan Kantong Jenazah Diserahkan ke Tim DVI)

Saat ini KNKT pun telah dibantu KNKT Singapura. "Enam orang (KNKT Indonesia), dari Singapura dua orang, jadi delapan orang (di perairan Karawang) ," ujarnya.

Sebelumnya, tim SAR gabungan telah menemukan bagian black box lain yakni Flight Data Recorder (FDR). Bahkan, pencarian CVR masih satu area dengan penemuan FDR masih terus dilakukan.

CVR merupakan bagian penting yang harus segera ditemukan. Dengan CVR, kondisi kokpit sebelum pesawat jatuh akan diketahui.


(JMS)