13 Orang Terjaring OTT Buang Sampah Sembarangan di CFD

Kumara Anggita    •    Minggu, 13 Jan 2019 14:00 WIB
car free day
13 Orang Terjaring OTT Buang Sampah Sembarangan di CFD
Posko OTT Dinas Lingkungan Hidup. Foto: Medcom.id/Kumara Anggita.

Jakarta: Dinas Lingkungan Provinsi DKI Jakarta menangkap 13 orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di kawasan hari bebas kendaraan alias car free day (CFD), Jalan Jenderal Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Mereka ditangkap lantaran kedapatan membuang sampah sembarangan pada acara CFD.

Seluruh pelanggar dibawa ke Posko OTT Dinas Lingkungan Hidup. Belasan pelanggar yang tertangkap tangan diminta membayar denda, maksimal Rp500 ribu. Namun, tidak semua pelanggar mampu membayar denda.

"Maksimal denda Rp500 ribu sesuai peraturan. Namun banyak dari mereka tidak mampu bayar, alhasil kami berikan hukuman lain," kata salah satu petugas, Priatna kepada Medcom.id di Posko OTT Dinas Lingkungan Hidup, Jakarta Pusat, Minggu, 13 Januri 2019.

Hukuman diberikan kepada pelanggar yang masih berstatus sebagai pelajar. Priatna menyebut, hukuman kepada pelanggar pelajar itu berupa memungut sampah di sekitar Jalan Sudirman-Thamrin.

Hukuman itu dilakukan sebagai efek jera bagi para pelanggar yang membuang sampah sembarang di kawasan CFD. "Tujuan sanksi ini agar mereka diedukasi, tidak mengulangi," tegas Priatna.

Sementara, pelanggar lainnya dipaksa untuk membayar denda. Namun, Priatna menyebut banyak dari pelanggar dewasa mengaku tak mampu membayar denda yang dikenakan.

"Banyak yang mengaku tidak mampu bayar, paling (pelanggar) hanya membayar Rp50 ribu," pungkas dia.


(HUS)