Pengguna KRL Diimbau Tertib Saat Libur Lebaran

Siti Yona Hukmana    •    Jumat, 08 Jun 2018 00:39 WIB
Mudik Lebaran 2018
Pengguna KRL Diimbau Tertib Saat Libur Lebaran
Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti. Medcom.id/ Siti Yona

Jakarta: PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengimbau masyarakat pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) agar tertib saat berada di lingkungan stasiun. Hal ini mengingat padatnya stasiun saat lebaran 2018.

Menurut Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti berdasarkan pengalaman lebaran tahun sebelumnya pengguna KRL selama pelayanan angkutan lebaran sebagian besar adalah pengguna yang tidak rutin naik KRL. Ia mengatakan biasanya para pengguna juga berjalan dalam kelompok maupun rombongan bersama keluarga dan kerabat.

Menurut Wiwik tujuan para pengguna KRL utamanya adalah untuk bersilaturahmi ke rumah saudara atau mengunjungi tempat-tempat wisata. Dengan demikian, ia mengatakan perlu tertib agar perjalanan bersama keluarga tetap aman dan nyaman. 

"Hal paling utama adalah selalu prioritaskan keselamatan dengan tidak memaksakan diri naik ke dalam KRL yang sudah penuh, bersabar mendahulukan penumpang yang turun dari kereta, mengawasi selalu putra dan putrinya, menjaga barang bawaan, serta selalu menunggu KRL di belakang garis aman peron yang berwarna kuning," kata Wiwik di Restoran Aroma Sedap, Jalan Teuku Cik Ditiro Nomor 43, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 7 Juni 2018.

Selain itu ia juga mengharapkan pengguna KRL menjaga kebersihan lingkungan stasiun maupun peron.  Ia mengatakan KRL sebagai transportasi publik yang dipakai oleh sekitar satu juta orang per hari tentu juga perlu dijaga kebersihannya agar seluruh pengguna tetap merasa nyaman. 

"Dalam hal ini partisipasi dari para pengguna dengan tidak makan, minum, dan membuang sampah di dalam KRL sangat penting. Sampah sebaiknya disimpan hingga menemukan tempat sampah di stasiun tujuan," ungkap Wiwik.

PT KCI juga berharap pengguna selalu menjaga ketertiban bersama dengan memahami dan mengikuti aturan serta tata tertib yang ada dalam menggunakan KRL. 

Lebih jauh Wiwik mengatakan aturan itu termasuk pembelian dan penggunaan tiket, ukuran barang bawaan, serta selalu memberikan tempat duduk bagi para pengguna prioritas.

"Berikan tempat duduk bagi ibu hamil, ibu dengan bayi dan balita, orang lanjut usia, serta pengguna dengan disabilitas," pungkas dia.


(SCI)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

5 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA