Aksi Bela Rohingya di Monas, Prabowo Sampaikan Keprihatinan

Ilham wibowo    •    Sabtu, 16 Sep 2017 16:56 WIB
konflik myanmarrohingyapengungsi rohingya
Aksi Bela Rohingya di Monas, Prabowo Sampaikan Keprihatinan
Ketua Umum sekaligus Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) menghadiri Aksi Bela Rohingya 169 di Monumen Patung Kuda, Jakarta (Foto: Antara).

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto Keprihatin dalam tragedi kemanusiaan etnis Rohingya di Myanmar. Ia menyampaikan orasinya dalam aksi betajuk 169 di Kawasan Silang Monas, Jakarta Pusat.  
 
 
"Ini kehormatan untuk saya dan memang kita kumpul di sini untuk menyatakan, solidaritas kita dengan saudara kita kaum Rohingya yamg mengalami suatu bentuk penindasan," papar Prabowo dalam orasinya di hadapan massa, di Jakarta, Sabtu 16 September 2017. 
 
Dalam kegiatan ini, Prabowo juga mengucapkan rasa terima kasih atas undangan aksi yang digelar 30 Ormas itu. Dirinya merasa berkesan lantaran diperkenankan memeberikan pandangan secara langsung di hadapan ribuan simpatisan acara itu.  
 
"Kita harus kuat untuk bantu orang lemah.  Tidak bisa orang lemah bantu orang lemah, orang miskin bantu orang miskin," ujarnya. 
 
Massa aksi dalam acara yang dihadiri mantan Ketua MPR Amien Rais dan Presiden PKS Sohibul Imam itu diminta untuk bersatu. Prabowo berjanji, ia tidak akan memberikan bantuan terhadap sesama umat Muslim yang hanya sekedar pencitraan.  
 
"Percaya sama saya, kalau kita kuat kaum Rohingya kita bantu. Kalaupun kita sekarang kirim bantuan, menurut saya itu pencitraan," ucap Prabowo. 
 
Bantuan Indonesia sudah tiba
 
Bantuan kemanusiaan dari pemerintah Indonesia untuk para pengungsi etnis Rohingya yang ada di perbatasan Bangladesh dan Myanmar, berdatangan. Sejak kemarin tercatat sudah enam pesawat bolak-balik mengirimkan bantuan. Pesawat jenis Hercules itu tiba di Bandara Internasional Shah Amanat, Chittagong, Bangladesh.
 
 
Peliput Biro Pers Rosi Imaniah melaporkan, pesawat Hercules A 1335 tiba sekitar pukul 17.00 waktu setempat atau 18.00 WIB, Jumat 15 September. Pesawat itu membawa bantuan kemanusiaan berupa paket sandang, family kit, flexible tank, selimut, dan gula.
 
Bantuan dari Indonesia untuk pengungsi Rohingya di Bangladesh ini akan langsung disalurkan secara bertahap. Pemerintah Bangladesh mengaku senang karena bantuan itu meringankan beban mereka yang kini dibanjiri ratusan ribu pengungsi.
 
Kedatangan bantuan itu disambut Duta Besar RI untuk Bangladesh Rina Soemarno dan perwakilan dari pemerintah Bangladesh, yakni Distric Commissioner Chittagong, Md Zillur Rahman Chowdhury.
 
"Senang sekali menerima pesawat pertama kiriman bantuan kemanusiaan untuk Bangladesh dari Indonesia. Bantuan ini sudah ditunggu-tunggu. Selanjutnya, kami akan membantu mendistribusikan kepada pengungsi Rohingya yang ada di Kota Coxs Bazar," ujar Rina.
 
Kota Coxs Bazar berjarak 170 km dari Chittagong. Kondisi pengungsi Rohingya di kawasan itu sangat memprihatinkan. Untuk berlindung dari terik matahari dan terpaan angin, mereka mendirikan tenda-tenda darurat yang cuma ditopang dengan bambu.
 
Sebagai perwakilan pemerintah Bangladesh, Md Zillur Rahman Chowdhury menyambut baik bantuan Indonesia untuk pengungsi Rohingya yang terusir dari kampung halaman mereka di Rakhine, Myanmar. Saat ini sekitar 370 ribu pengungsi Rohingya berada di Bangladesh.



(FJR)