SMAN 10 Bekasi bakal Buka Sekolah Terbuka

Faisal Abdalla    •    Kamis, 10 Aug 2017 15:43 WIB
pendidikan
SMAN 10 Bekasi bakal Buka Sekolah Terbuka
SMAN 10 Bekasi/MTVN/Faisal Abdalla

Metrotvnews.com, Bekasi: Sebanyak 72 siswa SMAN 10 Bekasi yang sempat telantar bisa bernapas lega. SMAN 10 Bekasi bersedia membuka sekolah terbuka untuk mengakomodasi pendidikan mereka.

"57 siswa sudah menyatakan ingin masuk ke SMA terbuka. Karena SMAN 10 punya SK untuk mengadakan pendidikan jarak jauh, maka kita akan akomodasi keinginan itu," ujar Staf Bidang Kesiswaan Eko Ariyanto kepada Metrotvnews.com di SMAN 10, Jalan Flamboyan Raya Perum Harapan Indah, Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis 10 Agustus 2017.

Sekolah terbuka merupakan salah satu opsi yang ditawarkan SMAN 10 Bekasi, selain memindahkan 72 siswa itu ke sekolah swasta. Pihak Kelurahan Pejuang, lokasi sekolah berdiri, kemudian mempertemukan orang tua murid dengan perwakilan sekolah. Sebanyak 57 dari 72 siswa menyatakan keinginan agar dibuatkan sekolah terbuka di bawah naungan SMAN 10 Bekasi.

Eko mengatakan, pembentukan sekolah terbuka dilakukan segera setelah serah terima jabatan kepala sekolah baru, Jumat 11 Agustus 2017. Pihaknya akan menyusun proposal dan mengajukan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Meski demikian, siswa-siswi sekolah terbuka SMAN 10 Bekasi tidak bisa belajar di gedung SMAN 10 karena keterbatasan ruang kelas. Mereka akan tetap ditempatkan di gedung sekolah SMK Yaperti yang berjarak tidak jauh dari lokasi gedung SMAN 10 Bekasi.

"Pihak SMK Yaperti sudah bersedia meminjamkan ruang kelasnya selama tiga tahun," terang Eko.

Sebelumnya, siswa-siswi yang masuk melalui jalur zonasi susulan itu tidak bisa mengikuti proses belajar mengajar seperti siswa SMAN 10 lainnya. Pemprov Jabar menolak usulan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendy yang menginginkan penambahan jumlah peserta rombongan belajar (rombel) dari 36 menjadi 40 siswa. Penambahan dilakukan untuk mengakomodasi siswa-siswi yang berdomisili di sekitar Kelurahan Pejuang.


(OJE)