Ratusan Ribu Buruh Pastikan Ikut Aksi 2 Desember

Arga sumantri    •    Selasa, 29 Nov 2016 12:48 WIB
unjuk rasa
Ratusan Ribu Buruh Pastikan Ikut Aksi 2 Desember
Konferensi pers Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) -- MTVN/Arga Sumantri

Metrotvnews.com, Jakarta: Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menegaskan ambil bagian dalam rencana aksi 2 Desember. Mereka bakal mengusung isu yang sama dengan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI).

Ketua KSPI Said Iqbal mengatakan, sekitar 100 ribu buruh bakal mengikuti aksi. Massa buruh datang dari Jabodetabek, Karawang, juga Purwakarta.

"Data terakhir, baru 50 ribuan orang (yang daftar ikut)," kata Said di Hotel Mega Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (29/11/2016).

Dalam aksinya, buruh akan berorasi di depan Istana Negara. Sebelum itu, massa buruh long march dari titik kumpul.

"Titik kumpul jam 10.00 WIB di Balai Kota dan Patung Kuda," ungkap Said.

Said nenyebut, aksi mogok nasional disertai unjuk rasa tidak hanya dilaksanakan di Jakarta. Aksi serupa juga digelar di 19 Provinsi lain, seperti Banten, Surabaya, Medan, Aceh, Batam, Lampung, hingga Papua.

Aksi buruh dipastikan berbarengan dengan Aksi Bela Islam jilid III yang diinisiasi GNPF-MUI. Aksi GNPF MUI disepakati berlangsung di Lapangan Monas, Jakarta Pusat.

Keputusan buruh tetap melakukan orasi di luar Monas sebenarnya bertentangan dengan imbauan Polri. Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar mengatakan Polri berharap tidak ada unjuk rasa di luar Monas. Boy juga menyarankan massa buruh mencari hari lain buat berunjuk rasa.

 


(NIN)