Kesadaran Masyarakat Ampuh Cegah Konten Negatif di Medsos

Ilham wibowo    •    Selasa, 21 Mar 2017 17:24 WIB
paedofilkekerasan seksual anak
Kesadaran Masyarakat Ampuh Cegah Konten Negatif di Medsos
Ilustrasi. Foto: Antara/Agus Bebeng

Metrotvnews.com, Jakarta: Kesadaran masyarakat dinilai masih ampuh menangkal konten negatif di media sosial. Masyarakat perlu aktif melapor.

Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Noor Iza mengatakan, pelaporan yang disampaikan masyarakat sangat membantu menutup penyebaran konten negatif di medsos. Laporan tersebut merupakan bentuk dari sistem peringatan dini.

"Masyarakat punya intensi untuk early warning, jadi harus melapor. Jangan sampai konten negatif ini dibiarkan," kata Noor di kantor Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Jalan Teku Umar, Jakarta Pusat, Selasa 21 Maret 2017.

Noor menjamin laporan masyarakat akan langsung ditindaklanjuti dengan menutup konten setelah pengecekan dan penyelidikan polisi.

Baca: Menggancar Predator Anak

Kemenkominfo, kata dia, telah menyiapkan hotline untuk menampung segala laporan konten negatif media sosial melalui pos elektronik aduankonten@mail.kominfo.go.id atau melalui nomor 08119224545.

"Apabila ada konten negatif, kami segera tindak lanjuti. Kalau memang itu benar telah terjadi, kami akan lakukan penutupan. Laporan urgen bisa ditulis 'emergensi'," ujarnya.

Selain kesadaran masyarakat, lanjut dia, Kemekominfo juga mengupayakan penguatan sistem jejaring sosial yang kini digemari masyarakat Indonesia. Menurutnya, saat ini sistem otomatis guna mendeteksi konten negatif belum bisa diterapkan di Indonesia.

"Kami juga dorong supaya Facebook dan media sosial lainnya punya penanganan emergency. Kami akan pelajari dulu di negara lain sistemnya bagaimana," kata dia.

 


(UWA)