Api Padam, Aktivitas di DPR Kembali Normal

Ilham wibowo    •    Selasa, 14 Nov 2017 14:18 WIB
kebakaran
Api Padam, Aktivitas di DPR Kembali Normal
Mobil pemadam merapat ke gedung DPR untuk memadamkan api, Selasa 14 November 2017. Foto: Metrotvnews.com/Ilham Wibowo

Jakarta: Suasana Gedung Nusantara III DPR RI kembali normal usai terjadi kebakaran pagi tadi. Kebakaran terjadi di lantai dua ruang panel peralatan pendingin udara, persis satu lantai di bawah ruang pimpinan DPR.

Dari pantauan, kendaraan pemadam kebakaran sudah meninggalkan lokasi. Asap tebal yang semula menjalar di seluruh koridor gedung Nusantara III pun telah hilang. Selain itu, para pegawai yang semula berhamburan telah kembali melakukan aktivitas.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Agus Hermanto mengatakan kebakaran yang terjadi di dekat ruang kerjanya merupakan kejadian pertama kali selama ia menjadi pimpinan DPR. Api diduga berasal dari korsleting listri di ruang kontrol pendingin ruangan.

"Selama saya di sini (menjadi pimpinan di DPR), baru pertama kali ada korsleting di ruang AC," ujar Agus ditemui di sekitar gedung Nusantara III, Selasa 14 November 2017.

Baca: Lantai Dua Gedung DPR Terbakar

Informasi sementara yang ia dapat, korsleting terjadi pada kotak air handling unit (AHU). Menurutnya, musibah ini perlu dijadikan pelajaran agar kejadian serupa tak terulang.

"Nanti kesekjenan DPR pasti akan mengecek semua sistem kelistrikan di gedung DPR. Aktivitas dihentikan sejenak, tunggu rekomendasi dari kesekjenan apakah gedung sudah bisa dipakai atau belum," ucap Agus.




(UWA)