Wiranto Harap IPAFest 2018 Pacu Semangat Hidup Napi

Dhaifurrakhman Abas    •    Selasa, 24 Apr 2018 04:10 WIB
narapidanalembaga pemasyarakatan
Wiranto Harap IPAFest 2018 Pacu Semangat Hidup Napi
Para narapidana menunjukkan kebolehannya dalam teatrikal musikal Festival Narapidana di Taman Ismail Marzuki (TIM) Cikini, Jakarta, Senin (23/4/2018). MI/Susanto

Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto kagum dengan gelaran Indonesia Prison Art Festival (IPAFest) 2018. Wiranto menilai kegiatan itu mampu menunjukkan Indonesia adalah negara yang berbudaya. 

"Malam hari ini kita melakukan suatu acara yang sangat istimewa ya, mengapa? Karena kita tahu bahwa Indonesia ini sudah terkenal sebagai negeri yang berbudaya tinggi yang diakui oleh mancanegara," kata Wiranto, kepada Pewarta, di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Senin, 23 April 2018.

Bagi Wiranto, pameran karya para narapidana ini juga menunjukkan lembaga permasyarakatan (lapas) telah berhasil menjadi tempat pembinaan. Ia berharap ajang ini mampu menepis anggapan negatif tentang lapas selama ini.

"Lapas bukan tempat untuk penghukuman, bukan tempat penyiksaan. Tapi tempat untuk mendidik para residivis para napi itu untuk bisa kembali ke masyarakat," ujarnya.

Wiranto ajang ini bisa memberikan dampak positif bagi para napi. Ia ingin para napi kembali memiliki hasrat untuk bisa berkarya sesuai dengan peran dan kemampuannya masing-masing.

"Nah ini istimewanya adalah bahwa pembinaan dari Kemenkum HAM telah dapat menggugah kembali perasaan yang paling dalam dari para napi agar dapat berkarya dari satu kegiatan seni yang luar biasa," ujar Wiranto. 

IPAFest 2018 bertajuk Bhineka Tunggal Ika ini berlangsung pada 23 April hingga 24 April 2018 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Pengunjung bisa menghadiri acara tersebut sejak pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB. 

Kegiatan ini diisi pameran lukisan, pameran arsip pemasyarakatan, fotografi sisi lain dari dunia pemasyarakatan serta ragam hasil karya para napi. Sebanyak 33 lapak kuliner berupa makanan dan minuman khas dari berbagai wilayah di Indonesia hasil masakan narapidana juga tersedia. Total ada sekitar 450 napi dari 35 lapas turut ambil bagian.


(AGA)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA