2.077 Lulusan Universitas Trisakti Diwisuda

M Studio    •    Selasa, 18 Oct 2016 13:22 WIB
beasiswa osc
2.077 Lulusan Universitas Trisakti Diwisuda
Pjs Rektor Universitas Trisakti Prof. dr Ali Ghufron Mukti, MSc,PhD mewisuda 2.077 lulusan Universitas Trisakti (Foto:Dok.Trisakti)

Metrotvnews.com, Jakarta: Universitas Trisakti resmi mewisuda 2.077 lulusannya pada Minggu, 16 Oktober 2016. Wisuda dilakukan oleh Pjs Rektor Universitas Trisakti Prof. dr Ali Ghufron Mukti, MSc,PhD.

Sebanyak 2.077  lulusan tersebut berasal dari Program Diploma (237 orang), Sarjana (1.301 orang), Program Magister atau S2 (427 orang), Program Doktor atau S3 (36 orang), Program Profesi (66 orang), dan program Spesialis (10 orang).

Prof Ali Ghufron Mukti ditunjuk sebagai Pejabat Sementara (Pjs) Rektor Universitas Trisakti, melalui Surat Perintah Menristekdikti Nomor 03/M/SPRINT/KP/2016 tertanggal 5 September 2016.

Menurut Rektor Prof Ali Ghufron Mukti, wisuda sarjana Universitas Trisakti kali ini agak lain dari biasanya karena ada sambutan dari Koordinator Kopertis Wilayah III yang isi sambutannya berkualitas.

Rektor juga mengatakan, "Universitas Trisakti yang memiliki sumber daya manusia (SDM) luar biasa dan merupakan universitas terkemuka di Indonesia, perlu mendapat perhatian khusus. Hal ini agar dapat menghasilkan lebih banyak sumber daya iptek Indonesia yang berintegritas, serta memiliki karakter yang bagus, bekerja keras, bekerja iklas, memiliki inovasi, dan keterampilan atau kompetensi."


Pjs Rektor Universitas Trisakti Prof. dr Ali Ghufron Mukti, MSc,PhD

Peningkatan SDM penting karena menurut Rektor, kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh SDM yang unggul dan dukungan sumber daya alam.

"Berbicara mengenai human capital, kita sudah mulai membaik karena bila hanya bertumpu pada sumber daya alam saja tidak cukup. Yang menentukan kemajuan suatu bangsa adalah sumber daya manusia yang salah satunya dihasilkan perguruan tinggi seperti Universitas Trisakti," ujar Rektor.

Sementara itu, Koordinator Kopertis Wilayah III Dr Illah Sailah dalam kata sambutannya mengatakan bahwa Universitas Trisakti sebagai universitas papan atas hendaknya terus melakukan inovasi agar dapat terus bersaing dalam kerangka perdagangan bebas ASEAN.


Sebanyak 2.077 lulusan Universitas Trisakti diwisuda

"Terobosan-terobosan melalui karya penelitian, hendaknya terus dilakukan untuk memenangkan persaingan. Universitas Trisakti dalam Kopertis Wilayah III, termasuk penerima hibah terbesar dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Sektor ketenagakerjaan dalam bidang profesi, mengharuskan para lulusan perguruan tinggi memiliki kompetensi, melalui sertifikasi," kata Koordinator Kopertis Wilayah III Dr Illah Sailah.

Persaingan dalam sektor sumber daya manusia, khususnya menghadapi ASEAN Economic Community (MEA), membutuhkan SDM yang unggul, di antaranya diharapkan dihasilkan oleh Universitas Trisakti yang berdiri sejak 29 November 1965, dan telah menghasilkan lebih dari 100 ribu alumni.

Pada wisuda kali ini, beberapa lulusan berhasil meraih berbagai kejuaraan, di antaranya Kejuaraan Bulu Tangkis di Pekan Olah Mahasiswa, Asean University Games, dan UiTM di Malaysia.


(ROS)