KPAI Sayangkan Penyebaran Video Dugaan Penculikan

LB Ciputri Hutabarat    •    Jumat, 15 Sep 2017 10:16 WIB
penculikan anak
KPAI Sayangkan Penyebaran Video Dugaan Penculikan
Retno Listyarti, komisioner bidang pendidikan KPAI, dan Ai Maryati, komisioner bidang trafficking dan eksploitasi. Foto: MTVN/L. B. Ciputri Hutabarat.

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti menyayangkan pihak-pihak yang menyebarkan video dugaan penculikan murid SD 01 Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat. Padahal, peristiwa itu belum terkonfirmasi.

"Kami menyayangkan video sempat disebarkan padahal kebenarannya belum benar dan anak menjadi korban hoaks," kata Retno di SD 01 Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat, Jumat 15 September 2017.

Menurut dia, bisa jadi apa yang diungkapkan murid mengenai penculikan adalah sebuah imajinasi anak-anak. Hal itu tak bisa ditentang, tetapi hanya bisa disaring melalui sekolah dan orangtua.

"Anak memiliki imajinasi yang tidak mengerti risiko kemudian melakukan hal itu. Di sini harus ada upaya perlindungan," terang dia.

Komisioner KPAI Bidang Trafficking dan Eksploitasi Ai Maryati Solihah juga mengatakan hal serupa. Dia menghargai deteksi dini terhadap penculikan anak sekolah. Namun, dia tak bisa dimungkiri ada indikasi kelalaian oknum penyebar video yang belum terkonfirmasi. 



(OGI)