TNI AD Masih Investigasi Kecelakaan Tank di Purworejo

Muhammad Al Hasan    •    Selasa, 13 Mar 2018 13:27 WIB
tni ad
TNI AD Masih Investigasi Kecelakaan Tank di Purworejo
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Mulyono seusai mengikuti Rapim Tahun Anggaran 2018 di Mabes TNI-AD. Foto: Dispenad.

Jakarta: Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD TNI) Jenderal Mulyono belum bisa berikan keterangan terkait penyebab pasti tenggelamnya tank M113 di Sungai Bogowonto di Purworejo, Jawa Tengah. TNI, kata dia, masih mendalami kejadian ini.

"Semua kita investigasi persoalannya," kata Mulyono usai rapat koordinasi teknis TNI dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Hotel Ciputra, Selasa, 13 Maret 2018.

Mulyono belum mendapat laporan perkembangan penyidikan terhadap tank yang baru dibeli pada 2016 itu. Dia pun meragukan bila penyebab tenggelamnya tank karena kerusakan mesin.

"Jadi jangan kita ngomong, oh itu berarti alatnya jelek belum tentu," kata jenderal bintang 4 itu. 

Menurut dia, selama proses investigasi, pengoperasian alutista itu dihentikan sementara. Namun, pihaknya tidak menarget kapan kepastian hasil investigasi tersebut dapat keluar.

Baca: Ketua DPR Minta Insiden Tank TNI Diselidiki

"Kalau dia perlu waktu ya kita enggak usah persoalkan waktunya," jelas dia. 

Tank M113 milik TNI AD tenggelam di Sungai Bogowonto, Sabtu, 10 Maret 2018. Tank itu tengah mengangkut siswa PAUD dan TK Sindurjan, Purworejo, dalam kegiatan outbond.

Kecelakaan tank tersebut menewaskan dua orang korban. Satu di antaranya yaitu Pratu Randi Suryadi dan seorang lainnya yaitu Kepala PAUD Iswandari.



(OGI)