Kiprah PT Pegadaian dalam Program Siswa Mengenal Nusantara

Rosa Anggreati    •    Kamis, 25 Aug 2016 08:00 WIB
pegadaian
Kiprah PT Pegadaian dalam Program Siswa Mengenal Nusantara
Tahun ini, program SMN mengusung tema Pertukaran Pelajar SMU Seluruh Nusantara 2016 (Foto:Dok.Pegadaian)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam rangka Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71, Kementerian BUMN melaksanakan serangkaian kegiatan bertema “BUMN Hadir untuk Negeri.” Salah satu rangkaian kegiatan tersebut adalah pelaksanaan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN).

SMN merupakan program tahunan dan berkelanjutan yang dimulai sejak 2015.  Tahun ini, program SMN mengusung tema “Pertukaran Pelajar SMU Seluruh Nusantara 2016.”

Adapun tujuan program SMN untuk menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan nusantara, melalui pemahaman nyata terhadap keragaman kekayaan nusantara melalui proses pertukaran informasi dan pengalaman.

Program ini juga dimaksudkan untuk membangun pemahaman para pemangku kepentingan (stakeholders) mengenai peran Kementerian BUMN dan perusahaan-perusahaan BUMN dalam membangun kapasitas nasional (National Capacity Building) melalui generasi muda penerus bangsa. Dengan mengikuti program ini, diharapkan para peserta maupun pemangku kepentingan akan memiliki pandangan yang baik tentang Kementerian BUMN dan seluruh BUMN di Indonesia.


Pelepasan peserta Siswa Mengenal Nusantara 2016 (Foto:Dok.Pegadaian)

Program SMN 2016 di Provinsi Sumatera Barat diselenggarakan oleh empat BUMN, yaitu PT Pegadaian (Persero) bertindak sebagai Ketua PIC, didukung Wakil PIC PT Semen Padang, PT PELNI (Persero) dan PT Hotel Indonesia Natour/HIN (Persero). Ketiga perusahaan tersebut bersinergi mempersiapkan seluruh kegiatan peserta SMN selama menetap di Sumatera Barat.

“Kami berharap para peserta tidak segan untuk selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan panitia pelaksana agar pelaksanaan seluruh program berjalan efektif,” ucap Riswinandi, Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) selaku Ketua PIC Program Siswa Mengenal Nusantara Provinsi Sumatera Barat.

Program SMN Provinsi Sumatera Barat akan dilaksanakan di lima kota di Provinsi Sumatera Barat, yaitu Kota Padang,  Padang Panjang, Bukittinggi, Tanah Datar, dan Solok. Selama berada di masing-masing kota tersebut, pendamping dan peserta akan mengunjungi dan terlibat berbagai kegiatan baik di lembaga pendidikan, lembaga  bisnis, tempat  wisata,  maupun beberapa perusahaan yang akan  menambah pengalaman dan wawasan.
Peserta akan mendapatkan pengetahuan tentang aspek kewirausahaan (entrepeneurship), sosial budaya, dan pendidikan.


Siswa asal Papua berfoto di Kantor Gubernur Sumatera Barat (Foto:Dok.Pegadaian)

“Kami sangat mengharapkan dukungan serta peran aktif pendamping dan  peserta SMN agar pelaksanaan kegiatan ini berjalan efektif dan memberikan manfaat pada masa depan,” kata Riswinandi.

Penyelenggaraan program SMN sebagai wujud konkret peran BUMN dalam meningkatkan daya saing bangsa melalui kerja nyata. Peran ini berdampak langsung dalam membangun rasa percaya diri sebagai bangsa yang memiliki keanekaragaman. Hal ini selaras semboyan Bhinneka Tunggal Ika dan bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman bahwa perbedaan adalah sebuah kekayaan yang wajib disyukuri dan dikelola menjadi kekuatan bangsa.

Melalui SMN pula, BUMN turut memberikan wawasan kebangsaan bagi calon-calon pemimpin penerus bangsa, sehingga memiliki kepercayaan diri sebagai bangsa yang besar dalam bersaing di kancah global.


(ROS)