JK Sebut Ketimpangan jadi Sumber Konflik

Desi Angriani    •    Selasa, 10 Jul 2018 13:44 WIB
kemiskinan
JK Sebut Ketimpangan jadi Sumber Konflik
Wapres JK/Medcom.id/Desi Angriani

Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut ketimpangan menjadi salah satu sumber konflik di Indonesia. Berbagai kekacauan di sejumlah wilayah pada masa lalu juga disebabkan ketimpangan.

"Dalam sejarah kita ketimpangan menimbulkan pemberontakan," kata JK dalam acara Indonesia Development Forum 2018 di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Selasa, 10 Juli 2018.

Eks Ketua Umum Partai Golkar itu mengatakan ketimpangan antardaerah berkaitan dengan angka kemiskinan dan gini ratioatau koefisien gini  masyarakat di daerah. Berbagai upaya dilakukanmenekan angka ketimpangan khususnya di wilayah terluar, tertinggal, dan terdepan (3T).

Baca: BPS: Ketimpangan di Jakarta dan Papua Masih Tinggi

Salah satunya, membangun infrastruktur jalan, pelabuhan, irigasi dan bandara. "Maka program pemerintah sekarang adalah meningkatkan daerah tertinggal," tegas dia.

JK tetap meminta daerah-daerah di Indonesia belajar menggali potensi yang ada untuk menekan angka koefisien gini tersebut. Apalagi, banyak daerah memiliki potensi dan keunggulan mendongkrak ekonomi nasional.

"Di Jawa ada industri dan kemampuan penduduk yang besar. Bagaimana kekayaan-kekayaan itu menjadi kekuatan dari bangsa ini," ujar dia.




(OJE)