Pesantren Berperan dalam Revolusi Industri 4.0

Fachri Audhia Hafiez    •    Senin, 16 Apr 2018 13:59 WIB
revolusi industriberita kemenaker
Pesantren Berperan dalam Revolusi Industri 4.0
Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan Bambang Satrio Lelono. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Jakarta: Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan Bambang Satrio Lelono mengatakan pesantren punya peran dalam revolusi industri 4.0. Pesantren dinilai mampu mendorong peningkatan sumber daya manusia yang berkarakter.

"Orang pesantren yang basisnya agama atau komoditas agama, kalau dia dikasih keterampilan kan tentunya akan menjadi lebih baik," kata Bambang di Gedung Serbaguna Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin, 16 April 2018.

Bambang mengatakan pesantren juga dipandang sebagai pusat utuk peningkatan kualitas sumber daya manusia. Keterampilan yang dikolaborasikan dengan moral yang baik pun mampu menguatkan karakter bangsa.

Baca: Indonesia Berperan Penting dalam Revolusi Industri 4.0

"Bukan hanya sekadar untuk dalam soft skill pengetahuan agama, tapi juga hard skill sehingga kemampuan keterampilan yang tinggi diimbangi dengan moral yang bagus," tutur Bambang.

Sementara itu, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian tengah menyusun roadmap menuju revolusi industri 4.0. Penyusunan kerangka industri yang terhubung dengan sistem internet ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional di masa mendatang.


(OGI)