Pelayanan BPJS Tetap Berjalan di RS Belum Terakreditasi

Muhammad Syahrul Ramadhan    •    Selasa, 08 Jan 2019 08:32 WIB
bpjs kesehatan
Pelayanan BPJS Tetap Berjalan di RS Belum Terakreditasi
Konpers soal BPJS Kesehatan - Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.

Jakarta: Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek menegaskan tidak ada pemutusan kerja sama Rumah Sakit dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS). Meski rumah sakit belum melakukan akreditasi. 

"Tidak ada rumah sakit yang putus kerja samanya dengan BPJS tetap melayani masyarakat peserta JKN (Jaminan Kesehatan Nasional)," kata Nila di Jakarta, Senin, 7 Januari 2018. 

Sejumlah rumah sakit melakukan pemutusan kerja sama dengan pasien BPJS. Ini lantaran syarat akreditasi belum dipenuhi rumah sakit rekanan hingga akhir 2018. 

Akreditasi merupakan syarat yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit, Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 56 Tahun 2014 tentang Klasifikasi dan Perizinan rumah sakit, Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2017 tentang Akreditasi Rumah Sakit dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan Dalam Jamiman Kesehatan Nasional.

(Baca juga: Sengkarut BPJS Kesehatan buat Masyarakat Gelisah)

"Jadi akreditasi merupakan syarat rumah sakit bekerja sama dengan BPJS kesehatan dan sudah diberlakukan sejak awal 2014," tandas Nila.

Meski begitu, Nila memastikan, kementerian kesehatan dan BPJS sudah mengeluarkan rekomendasi untuk rumah sakit tetap bekerja sama dengan BPJS. 

"Yang belum terakreditasi mereka kami minta untuk melakukan dan berkomitmen melakukan akreditasi sampai Juni 2019. Kesempatan ini untuk sisi kemanusian. Kami dan BPJS tidak memutuskan kerja sama dengan rumah sakit yang belum terakreditasi," pungkas dia. 

Diketahui dari 2.217 rumah sakit rekanan BPJS, sampai Desember 2018 sudah ada 1.759 terakreditasi. Sisanya sedang dalam proses atau belum melakukan akreditasi. 

Sebanyak 341 tengah melakukan akreditasi, 39 menunggu penetapan, 38 akan disurvei.





(REN)