Ruang Digital Arsip Seni Nasional

Pelangi Karismakristi    •    Minggu, 13 Jan 2019 19:00 WIB
galeriindonesiakaya
Ruang Digital Arsip Seni Nasional
Ilustrasi: Restorasi film 3 Dara. Foto: Twitter

Jakarta: Hasil karya seniman Indonesia patut diperhitungkan. Namun sayang belum banyak hasil karya yang diarsipkan sehingga banyak yang hilang atau tak terdata. 

Hal ini yang membuat Indonesia Visual Art Archive (IVAA) tergerak untuk mendokumentasikan arsip karya seni pertunjukan dan seni rupa ke dalam bentuk digital. 

Tak hanya itu saja, IVAA yang berlokasi di Yogyakarta ini juga kerap kali memberi ruang untuk diskusi soal karya seni. IVAA ingin membuka ruang interpretasi baru mengenai sebuah karya seni.

Selain IVAA ada juga IDFilm Center, yang merupakan yayasan preservasi dan restorasi visual atau film. Tujuan berdirinya IDFilm Center ini tentu saja untuk menyelamatkan dan menyimpan karya seni visual Tanah Air.

IDFilm Center bekerja melestarikan film Indonesia dengan berbagai cara sesuai perkembangan teknologi, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh publik. Sudah banyak film yang direstorasi IDMFilm Center, mulai dari drama hingga dokumenter.

Simak upaya IVAA dan IDFilm Center dalam melakukan pengarsipan karya dalam program IDEnesia eposide "Ruang Digital Arsip Seni Nasional” pada Minggu, 13 Januari 2019, pukul 21.30 hanya di Metro TV.


(ROS)