Mendikbud: Masukan Guru Honorer akan Diperhatikan

Intan Yunelia    •    Rabu, 05 Dec 2018 13:26 WIB
Guru Honorer
Mendikbud: Masukan Guru Honorer akan Diperhatikan
Seorang guru sedang mengajar di depan kelas, MI/Gino Hadi.

Jakarta: Penolakan yang belakangan disampaikan sejumlah guru honorer pasca diterbitkannya PP 49 tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) ditanggapi positif oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Penolakan tersebut berisi koreksi dan masukan-masukan untuk penyempurnaan kebijakan yang dibuat pemerintah.

Menurut Mendikbud Muhadjir Effendy, PP P3K nantinya akan diikuti dengan Permendikbud sebagai turunannya. "Pada prinsipnya pandangan-pandangan para guru honorer akan diperhatikan," kata Muhadjir usai acara Pembukaan Rembuk Pendidikan Kejuruan, di Hotel Pullman Central Park, Jakarta Barat, Rabu 5 Desember 2018.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini menyebutkan, setiap kebijakan pasti memiliki kelemahan. Untuk itu masukan maupun kritik sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan PP P3K ini.

"Tiap peraturan kan ada kelemahannya, makanya nanti kita sempurnakan dengan peraturan yang lebih rendah lagi," ujar Muhadjir.

Baca: PGRI akan Sodorkan Lima Usulan Ini Kepada Presiden

Selain itu, para guru honorer yang tidak lulus CPNS maupun P3K ini akan dicarikan jalan keluarnya. Adapun skema gaji dan pendapatannya akan dirumuskan disesuaikan dengan upah minimum regional (UMR).

"Sementara yang belum masuk PNS dan P3K nanti masih tetap hororer akan kita perhatikan pendapatannya melalui UMR itu,"pungkasnya


(CEU)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA