Cegah Kanker Serviks, Ribuan Pekerja Perempuan Tes IVA

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 11 Jul 2018 18:41 WIB
berita kemenaker
Cegah Kanker Serviks, Ribuan Pekerja Perempuan Tes IVA
Anggota pengurus OASE Marifah Hanif Dhakiri bersalaman dengan pekerja perempuan yang sedang mengikuti tes IVA. (Foto: Dok. Kemenaker)

Bekasi: Sebanyak 1.300 tenaga kerja perempuan di Cikarang, Bekasi, akan mengikuti tes Inspeksi Visual Asetat (IVA) yang digelar oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemenaker), Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja ,dan BPJS Ketenagakerjaan. Tes akan berlangsung pada 11-19 Juli 2018.

"Dengan deteksi dini dimaksudkan untuk meminimalkan penderita kanker serviks, juga mempermudah mengobatinya karena sudah dilakukan deteksi dini,” kata anggota pengurus OASE Marifah Hanif Dhakiri, di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 11 Juli 2018.

Pada kegiatan Tes IVA yang diadakan di PT MATTEL INDONESIA ini hadir Hj Mufidah Jusuf Kalla, beberapa anggota OASE Kabinet Kerja, Sekretaris Jenderal Kemenaker RI Hery Sudarmanto, Direktur Jenderal Pemibinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Binwasnaker dan K3) Sugeng Priyanto, dan Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin. 

Marifah berharap kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan tenaga kerja perempuan karena kesehatan merupakan faktor penting dalam menunjang produktivitas kerja. Kegiatan ini merupakan upaya penyadaran bagi masyarakat luas agar secara sukarela melakukan deteksi dini kanker leher rahim melalui tes IVA, serta melaksanakan pola hidup sehat, baik, dan seimbang.

"Saya juga berharap melalui kegiatan ini dapat menjadi bagian upaya promotif dan preventif pada masyarakat luas pada umumnya, dan pekerja wanita pada khususnya. Kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain sebagai bentuk kepedulian pada upaya pencegahan kanker serviks secara komprehensif dan berkesinambungan," ujar Marifah.

Kanker serviks merupakan jenis kanker yang memiliki peringkat prevalensi kedua setelah kanker payudara yang banyak ditemukan di Indonesia. Dibutuhkan motivasi dan keberanian untuk menjalani tes IVA. 

"Kegiatan ini merupakan upaya kita untuk membangun kesadaran masyarakat luas, agar mau secara sukarela melakukan deteksi dini adanya kanker leher rahim dengan menggunakan Pemeriksaan IVA test serta melaksanakan pola hidup yang sehat, baik dan seimbang," tuturnya. 

Kegiatan ini diharapkan dapat terus digelorakan di semua lapisan masyarakat, sehingga dapat tercipta tenaga kerja yang sehat dan produktif. Sebab, produktivitas merupakan salah satu faktor penting yang menentukan pertumbuhan ekonomi suatu negara. 

Selain itu, OASE Kabinet Kerja yang merupakan sebuah perkumpulan para pendamping menteri dan unsur eksekutif pemerintahan yang dipimpin oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo ini rencananya akan menggelar tes yang sama bagi sebanyak 1.900 orang tenaga kerja PT Indonesia Epson Industry, dan berbagai perusahaan lain di Indonesia.


(ROS)