Kemkominfo Terima 732 Aduan Hoax dalam Sepekan

Yogi Bayu Aji    •    Senin, 09 Jan 2017 20:58 WIB
hoax
Kemkominfo Terima 732 Aduan Hoax dalam Sepekan
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (kiri) -- Foto: ANTARA /Jessica Helena Wuysang

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah menerima sebanyak 732 aduan terkait berita bohong alias hoax dalam rentang waktu 1 hingga 7 Januari 2017. Berita ini meliputi berbagai kategori.

Dari data yang diterima Metrotvnews.com, aduan hoax paling banyak meliputi berita soal kebencian terhadap suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA). Jumlahnya mencapai 533.

Menyusul di posisi kedua adalah aduan hoax terkait radikalisme atau terorisme dengan jumlah 146. Aduan mengenai penipuan online berjumlah 27, perjudian 10, dan pornografi sebanyak 9 serta aduan lain-lain berjumlah 7.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo Semuel A. Pangerapan mengaku pihaknya akan menindak lanjuti laporan ini. Kemkominfo, kata dia, tak segan memblokir media yang terbukti menyebar hoax.

"Terutama bila ada kabar-kabar muatan pengaruhnya tinggi itu harus segera ditindak lanjuti," kata Semuel kepada Metrotvnews.com, di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (9/1/2017).

Dia menerangkan, pemblokiran yang dilakukan oleh Kemkominfo dilakukan setelah suatu media memenuhi persyaratan-persyaratan tertentu. Salah satunya bila terbukti konten yang disebarkan merupakan hal negatif seperti ujaran kebencian.

Laporan dari masyarakat pun akan mendapatkan penanganan khusus dari Kemkominfo. Mereka akan membentuk Tim Panel buat membahas masalah berita menyesatkan ini.

"Kita lagi seleksi orang dari berbagai kalangan untuk jadi (Tim Panel)," papar dia.


(Des)