BNPB Ajak Pengusaha Cegah Bencana

M Sholahadhin Azhar    •    Selasa, 16 Oct 2018 16:38 WIB
bencanapenanggulangan bencana
BNPB Ajak Pengusaha Cegah Bencana
Direktur Pemberdayaan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Lilik Kurniawan - Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.

Jakarta: Direktur Pemberdayaan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Lilik Kurniawan meminta peran serta pengusaha menanggulangi bencana. Khususnya pencegahan bencana kategori hidrometeorologi.

"Lembaga usaha jangan pas ada bencana saja, tapi kita mulai ajak untuk mencegah bencana. Mereka harus melakukan sesuatu," kata Lilik saat berbincang dengan Medcom.id di kantor BNPB, Jakarta Timur, Selasa, 16 Oktober 2018.

Lilik menjelaskan bencana hidrometeorologi berkaitan dengan lingkungan hidup dan bisa diprediksi. Semakin parah kondisi lingkungan, maka sudah bisa dipastikan akan terjadi bencana. 

Misalnya banjir bandang, tanah longsor, hingga kekeringan yang berdampak pada kebakaran lahan. "Potensi bencana itu meningkat saat lingkungan kita rusak. Nah dunia usaha harus turun," kata Lilik.

(Baca juga: Mitigasi Bencana Perlu Masuk Program Pemerintah Daerah)

BNPB sebagai unsur pemerintah, kata Lilik, tak bisa bergerak sendirian dalam melakukan pencegahan. Mengingat pihak yang paling dekat dengan area potensi bencana, rata-rata adalah pebisnis. 

Lilik menuturkan data pada 2008 menunjukkan 108 Daerah Aliran Sungai (DAS) rusak. Ia memastikan saat ini jumlahnya bertambah. 

Sehingga, urgensi lembaga usaha untuk turun tangan, semakin tinggi. Pemerintah, kata dia, akan mendampingi pengusaha dalam memelihara lingkungan. 

"Pemerintah akan mengawal itu. Tujuan utamanya meningkatkan kualitas hidup masyarakat, bagaimana mengurangi bencana dan memperbaiki lingkungan," tukas Lilik.




(REN)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA