Kebakaran di Gedung DPR Akibat Korsleting Listrik AC

Ilham wibowo    •    Selasa, 14 Nov 2017 12:49 WIB
kebakaran
Kebakaran di Gedung DPR Akibat Korsleting Listrik AC
Mobil pemadam merapat ke gedung DPR untuk memadamkan api, Selasa 14 November 2017. Foto: Metrotvnews.com/Ilham Wibowo

Jakarta: Api yang sempat menjilat sebuah ruangan di lantai 2 Gedung Nusantara III DPR RI telah padam. Api diduga berasal dari korsleting listrik di ruang pengaturan pendingin udara (AC).

"Ruangan AC memang tempat berkumpulnya teknisi. Di sana ada boks listrik. Diduga kebakaran berasal dari adanya korsleting di boks itu," kata Wakil ketua DPR Agus Hermanto di lokasi, Selasa 14 November 2017.

Saat api berkobar, pengamanan dalam (pamdal) DPR bergegas menyalakan alarm. Agus mengaku tak menyangka telah terjadi kebakaran di dekat ruang kerjanya. Agus baru menyadari setelah asap masuk ke ruangannya yang berada persis di atas ruang yang terbakar.

"Saya tanya, ada apa? Dijawab (staf) cuma ngetes. Kemudian bunyi lagi. Saya tanya lagi, ada apa? 'Ada asap pak'. Ya, saya langsung turun. Asap sudah masuk ke lantai tiga," kata Agus.

Baca: Lantai Dua Gedung DPR Terbakar

Agus mengatakan hanya dia sendiri yang ada di ruangan saat kebakaran terjadi. Pimpinan lain tengah rehat reses.

Ia memastikan tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Api bisa ditangani beberapa saat kemudian setelah diterjunkan 10 kendaraan pemadam.

Kebakaran di gedung DPR terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Pantauan di lapangan, sejumlah pegawai yang berada gedung tersebut berhamburan saat kebakaran terjadi.




(UWA)