Jelang Asian Games 2018

Proyek Underpass dan Flyover Dikebut Demi Kelancaran Lalu Lintas

Intan fauzi    •    Minggu, 12 Nov 2017 16:31 WIB
asian games 2018
Proyek <i>Underpass</i> dan <i>Flyover</i> Dikebut Demi Kelancaran Lalu Lintas
Kepala Dinas Bina Marga DKI Yusmada Faizal -- Foto: MTVN/ Arga Sumantri

Jakarta: Kelancaran lalu lintas selama perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta perlu dipersiapkan. Utamanya, di lokasi pembangunan infrastruktur jalan yang selalu menjadi titik-titik kemacetan di Jakarta.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Yusmada Faizal mengatakan, ada tiga titik kemacetan yang diantisipasi berkaitan dengan adanya pembangunan infrastruktur. Yang pertama pembangunan Simpang Susun Semanggi yang kini sudah rampung.

"Kedua (underpass) Mampang-Kuningan, dan (flyover) Pancoran," kata Yusmada di Wisma Serba Guna Senayan, Jakarta Selatan, Minggu 12 November 2017.

Baca: Sandiaga Tinjau Venue Asian Games 2018

Semestinya kedua proyek itu sudah rampung akhir tahun ini. Namun, Yusmada memastikan pembangunannya selesai palig telat Februari atau Maret tahun depan.

Selain itu, Dinas Bina Marga juga memiliki tugas untuk mempercantik trotoar sepanjang jalan Sudirman-Thamrin. Perbaikan dan perluasan trotoar akan dimulai awal Desember tahun ini. "Sehingga bisa diselesaikan Mei atau Juni kita harapkan selesai," ujar Yusmada.

Dinas Bina Marga juga sudah mulai memperbaiki trotoar dari Stasiun Palmerah menuju Gelora Bung Karno. Trotoar itu untuk memberi kenyamanan kepada pedestrian yang ingin menyaksikan Asian Games 2018.

Namun, Yusmada menyampaikan, revitalisasi trotoar di sekitar Stasiun Palmerah akan lebih baik jika Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mau memberikan sedikit lahannya untuk memperluas trotoar yang baru memiliki lebar 1 meter itu.

"Mungkin mohon bantuan kalau mungkin tanah Departemen Kehutanan itu kita bisa (minta untuk perluasan trotoar)," tutur Yusmada.


(YDH)