DPR Beri Penghargaan Jokowi dan 8 Menteri Perempuan

Anggi Tondi Martaon    •    Rabu, 14 Mar 2018 18:48 WIB
berita dpr
 DPR Beri Penghargaan Jokowi dan 8 Menteri Perempuan
Ketua DPR juga secara khusus memberikan penghargaan dan memuji Menteri Keuangan RI Sri Mulyani. Foto: Dok. DPR

Jakarta: DPR RI melalui Kaukus Perempuan-Perempuan Politik dan Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) menggelar peringatan Women's Day 2018. Acara tersebut memberikan penghargaan kepada Presiden RI Joko Widodo.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan, alasan RI 1 diberi penghargaan karena keputusannya melibatkan banyak perempuan Indonesia di lembaga eksekutif. Keputusan tersebut dinilai sebagai bentuk nyata kepercayaan terhadap kualitas kaum hawa Indonesia dalam memajukan negeri ini.

"Presiden Jokowi telah memberikan teladan dan kepercayaan bahwa kaum perempuan juga bisa berkarier di eksekutif," kata Bamsoet, dalam keterangan tertulis, Rabu, 14 Maret 2018.

Dalam pemerintahannya, Jokowi bersama Jusuf Kalla mempercayakan jabatan menteri kepada delapan wanita Indonesia, yaitu Puan Maharani (Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan), Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri), Sri Mulyani (Menteri Keuangan), Rini Soemarno (Menteri BUMN), Siti Nurbaya Bakar (Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan), Susi Pudjiastuti (Menteri Kelautan dan Perikanan), Nila F Moeloek (Menteri Kesehatan), dan Yohana Yembise (Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak).

"Sebanyak delapan perempuan pilihan Presiden Jokowi di Kabinet Kerja telah membuktikan kinerjanya dalam menempati posisi kementerian yang sangat penting," kata suksesor Setya Novanto itu.

Selain kepada Presiden Jokowi, DPR RI juga memberikan penghargaan kepada DPRD Provinsi Riau. Karena, legislatif tingkat daerah di Riau itu memiliki jumlah anggota perempuan terbanyak nasional. 

Bupati Kabupaten Minahasa Selatan Christiany Eugenia Parantu dan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti juga mendapatkan penghargaan dalam acara tersebut. Dua kepala daerah tersebut dianggap berhasil atas pencapaian mereka sebagai Bupati Perempuan yang terpilih selama dua periode berturut-turut.

"Berbagai penghargaan tersebut merupakan simbol pengakuan dan apresiasi DPR RI kepada orang pribadi, institusi, maupun kepada masyarakat yang telah memberi ruang berkreasi bagi perempuan. Mari terus kita ciptakan dunia yang penuh keadilan dan kesetaraan, terutama kepada kaum perempuan," ujar Bamsoet.

Bamsoet juga secara khusus memberikan penghargaan dan memuji Menteri Keuangan RI Sri Mulyani. Dia menilai, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia (IMF) itu sebagai salah satu menteri perempuan terbaik di kabinet kerja. 

Terlebih, kata Bamsoet, belum lama ini Sri Mulyani terpilih sebagai menteri terbaik dunia dalam acara World Government Summit di Dubai, Uni Emirat Arab.

Selain mendapatkan penghargaan, Bamsoet juga menghadiahkan sebait pantun kepada Sri Mulyani di akhir sambutan. 

“Seribu ekonom berjumpa di Bali,
Bagai gelatik berwarna-warni.
Tapi hanya satu yang memikat hati,
Itulah dia Sri Mulyani." 


Pantun Bamsoet tersebut langsung disambut tepuk tangan semua yang hadir di acara tersebut.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon dan Fahri Hamzah, Menteri Keuangan Sri Mulyani yang menjadi Keynote Speaker, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise, Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Nurhayati Ali Assegaf, serta para anggota DPR RI.

Selain itu, hadir pula para Duta Besar Negara Sahabat, antara lain Mexico, Canada, Bangladesh, Spanyol, Jordan, Panama, Serbia, Ceko, Yaman, Suriname, Pakistan, Kuwait, Brazil, Hungaria, Norwegia, Jepang, Portugal, Iran, Bulgaria, Colombia, Bosnia, Palestina, Irak, Myanmar, Rusia.



(ROS)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA