PP Jaminan Produk Halal Terbit Akhir Oktober

Arga sumantri    •    Kamis, 12 Oct 2017 19:20 WIB
sertifikasi halalproduk halal
PP Jaminan Produk Halal Terbit Akhir Oktober
Ilustrasi: Pelaku usaha industri kecil dan menengah (IKM) menerima sertifikat halal di Bale Asri Pusdai Jabar, Bandung, Jawa Barat. Foto: Antara/Agus Bebeng.

Metrotvnews.com, Jakarta: Peraturan Pemerintah (PP) Jaminan Produk Halal masih digodok. Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) menyebut aturan itu bakal terbit akhir bulan ini.

"(Ditargetkan) bulan-bulan akhir, bulan 10 ini sudah keluar," kata Ketua BPJPH Sukoso saat dihubungi, Kamis 12 Oktober 2017.

Sukoso menyebut, PP Jaminan Produk Halal masih dalam proses harmonisasi dengan Kementerian Hukum dan HAM. Selama PP itu belum terbit, kata dia, BPJH belum bisa bekerja.

PP juga masih digodok bersama kementerian lain dan sejumlah organisasi masyarakat (ormas). Sedikitnya enam kali pertemuan dengan lintas kementerian dan ormas  digelar guna membahas poin PP.

Menurut dia, pembahasan sempat alot dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Kemenkes keberatan obat dan alat kesehatan dimasukkan dalam poin aturan untuk wajib dapat sertifikasi halal.

Poin-poin PP 

Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam mengamini kalau PP jaminan produk halal masih dalam pembahasan. MUI, kata dia, hanya menyumbangkan pikiran guna mengisi poin-poin dalam rancangan PP.

"Proses final di pemerintah, sekarang di lintas kementerian," ucap Niam di Kantor MUI, Kamis 12 Oktober 2017.

Niam membeberkan, poin kunci dalam PP itu yakni terkait alur proses sertifikasi halal, mekanisme pendaftaran, juga pelaksanaan audit suatu produk. Ada pula poin yang memuat mekanisme akreditasi lembaga pemeriksa halal, mekanisme pengawasan, dan penegakan hukum.

Penerbitan PP jaminan produk halal dirasa penting. Pasalnya, aturan itu adalah turunan dari Undang-Undang Nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Selama PP belum terbit, UU itu belum bisa diterapkan.


(OGI)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

1 hour Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA