Yudi Latief Ingatkan Pentingnya Toleransi Umat Beragama

Lukman Diah Sari    •    Minggu, 24 Dec 2017 19:11 WIB
perayaan natal dan tahun barutoleransi beragama
Yudi Latief Ingatkan Pentingnya Toleransi Umat Beragama
Kepala UKP PIP Yudi Latief. MI/Bary Fathahilah.

Jakarta: Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) menyambangi Katedral Jakarta sebelum pelaksanaan misa pertama. Kunjungan ini disebut sebagai wujud nilai Pancasila dalam mengapresiasi toleransi antar umat beragama.

"Saya kira di momen-momen Natal seperti ini dan momen umat beragama diajak kembali ke hakikat keberagaman yang tulus yang kudus, penuh kasih," kata Kepala UKP-PIP Yudi Yudi Latief di Katedral Jakarta, Jakarta Pusat, Minggu 24 Desember 2017. 

Yudi mengatakan, masyarakat bisa bersatu jika mengembangkan nilai ketuhanan yang welas asih. Karena, nilai-nilai agama bukanlah sumber pertikaian.

"Tapi juga saling menguatkan saling belajar saling memberi, itu Indonesia yang beragam. Ini tidak jadi sumber masalah, tapi jadi sumber kekuatan sebagai kemajuan bangsa," kata Yudi. 

Masyarakat seharusnya mengapresiasi perbedaan latar belakang, baik suku dan keyakinan. Apalagi, seluruh anak bangsa memiliki hak hidup yang sama di muka bumi.

"Untuk menjunjung tinggi keagamaannya untuk itu kami dari UKP Pancasila ingin menjadikan kembali tradisi toleransi itu sebagai arus utama," jelasnya. 

Yudi juga mengingatkan, setiap masyarakat harus memiliki rasa tenggang rasa dan saling menghormati. Kini, tambah dia, ada banyak negara yang mengutamakan nilai toleransi. Hal ini, seharusnya menjadi hal yang patut dicontoh masyarakat.


(DRI)