YIFEST 2017 Jadi Tempat Persemaian Ide Anak Muda

Dheri Agriesta    •    Sabtu, 29 Apr 2017 11:31 WIB
kepemudaan
YIFEST 2017 Jadi Tempat Persemaian Ide Anak Muda
pembukaan Youth Islamic Festival (YIFEST) 2017. Foto-foto: Metrotvnews.com/Dheri

Metrotvnews.com, Jakarta: Youth Islamic Festival (YIFEST) 2017 diharapkan menjadi tempat persemaian ide dan solusi bagi anak muda. Ide dan solusi ini akan menjadi jalan keluar bagi masalah yang ada di Indonesia.

Ada banyak tokoh yang hadir dalam pembukaan YIFEST 2017. Antara lain, aktivis Islam Yenny Wahid, Sekretaris BP Masjid Istiqlal Rusli Zainal, aktor kondang Dude Herlino, dan aktris Oki Setiana Dewi.

YIFEST 2017 dibuka calon Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. Anies berpesan anak muda tak hanya memikirkan masalah di internal umat.

"Sudah saatnya umat Islam memikirkan dan berkontribusi kepada masalah kemanusiaan untuk seluruh dunia. Apa karya Anda untuk dunia? Apa karya Anda untuk indonesia?" kata Anies saat membuka acara ini di Masjid Istiqlal, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Sabtu 29 April 2017.

Anies melirik potensi yang dimiliki anak muda. Kata dia, anak muda punya pandangan baru terhadap setiap masalah. Pandangan ini akan berbeda dengan orang tua yang sudah makan asam garam kehidupan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mencontohkan maraknya pemanfaatan teknologi terhadap penyelesaian masalah sosial di Jakarta. Ide itu ditelurkan anak-anak muda.

"Saya harap YIFEST ini bisa menjadi persemaian ide baru anak muda Indonesia," kata dia.

Anies sadar banyak masalah yang harus diselesaikan dalam kehidupan bermasyarakat. Anies pun mengajak anak muda tak hanya membahas masalah, tapi juga menyelesaikan masalah tersebut. "Let action speak louder than words," ujar Anies.

Ia berharap kegiatan yang dilakukan oleh 48 komunitas muslim di Jakarta ini dapat menjadi contoh buat kota lain. Cucu dari AR Baswedan ini berharap masjid tak hanya tenar karena ukurannya, tapi juga kegiatannya.

"Kita ingin apa yang terjadi di Jakarta menular di banyak tempat," kata dia.



(UWA)