Buah Manis Diskresi Aiptu Sunaryanto

Lukman Diah Sari    •    Jumat, 21 Apr 2017 15:52 WIB
kriminalitas jalanan
Buah Manis Diskresi Aiptu Sunaryanto
kapolri Tito Karnavian dan Aiptu Sunaryanto. Foto: MTVN/Lukman Diah Sari.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kapolri Jenderal Tito Karnavian memberikan penghargaan kepada Aiptu Sunaryanto. Hal itu atas diskresi yang dibuatnya saat menghadapi penyanderaan di dalam angkutan umum di Jakarta Timur. 

"Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Aiptu Sunaryanto dalam bentuk dua," kata Tito di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat 21 April 2017. 

Pertama, Tito memberikan Sunaryanto ticket holder. Dengan begitu, Sunaryanto bisa bersekolah alih golongan dan bisa menjadi perwira. Sekolah dilaksanakan pada September-Oktober.

"Yang kedua akan diberikan pin emas untuk yang bersangkutan sebagai bentuk penghargaan organisiasi Polri kepada yang bersangkutan," ujar Tito 

Baca: Cerita Polisi Pembekuk Pelaku Penyanderaan di Angkot

Menurut dia, Sunaryanto telah melaksanakan tugas dengan baik sebagai polisi. Di luar panggilan tugas, Sunaryanto berani mengambil keputusan yang heroik. 

Dia dianggap memotivasi anggota lain dalam meningkatkan kemampuan dan kewenangan dalam diskresi. "Pilih opsi yang terbaik ini memerlukan kemampuan sendiri yang memerlukan pelatihan dan pengalaman," jelas dia. 

Baca: Polisi Pembekuk Pelaku Peyanderaan dalam Angkot Dihadiahi Rp10 Juta

Jenderal bintang empat itu mengucapkan terima kasih kepada Sunaryanto karena telah mengharumkan nama Polri. Aksinya yang dinilai berani dan memberikan rasa aman kepada masyarakat. 

"(Semoga) bisa bekerja lebih baik lagi memberikan contoh bagi anak buahnya," ucap Kapolri. 


(OGI)