Mata Novel akan Dioperasi

Arga sumantri    •    Rabu, 12 Jul 2017 12:30 WIB
novel baswedan
Mata Novel akan Dioperasi
Penyidik KPK Novel Baswedan. Foto: Antara Foto/Aprillio Akbar.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kondisi Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menimbang opsi pengobatan untuk memulihkan mata penyidik Novel Baswedan. Pasalnya, kondisi Novel stagnan. 

"Kita memikirkan sejumlah alternatif. Kemungkinan akan ada operasi terhadap matanya," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di Kantor Dirjen Bea dan Cukai, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu 12 Juli 2017.

Saut mengatakan, operasi mata kemungkinan akan dilakukan dengan transplantasi kornea secara artifisial. Pembedahan dilakukan untuk menggantikan kornea keruh atau bekas luka dengan kornea donor yang jernih demi memperbaiki penglihatan pasien.

"Jadi operasi mata itu dibikin artifisial, diambil sampel dari giginya, tulang atau apa. Kemungkinan itu ya, masih belum (diputuskan)," jelas Saut.

Mata Novel rusak akibat disiram air keras oleh dua pria tidak dikenal di dekat rumahnya, di Jalan Deposito, RT 03/RW 10, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pukul 05.10 WIB, Selasa, 11 April. Saat itu, Novel baru saja selesai salat Subuh di Masjid Al Ikhsan.

Baca: Pemeriksaan Novel Terkendala Kesehatan

Novel mengalami luka pada bagian wajah dan bengkak pada bagian kelopak mata kiri. Sementara itu, pelaku melarikan diri.

Baca: Sketsa Wajah Belum Mengarah ke Penyiram Novel

Genap tiga bulan kasus bergulir, belum ada titik terang siapa pelaku penyiraman terhadap Novel. Termasuk siapa di balik aksi penyerangan itu. Selama kurun waktu itu pula Novel masih terbaring di Rumah Sakit di Singapura.


(OGI)