Kaki Ba'asyir Masih Bermasalah

Siti Yona Hukmana    •    Senin, 16 Apr 2018 12:42 WIB
abu bakar baasyir
Kaki Ba'asyir Masih Bermasalah
Terpidana Abu Bakar Ba'asyir membacakan kesimpulannya pada sidang peninjauan kembali (PK) di Pengadilan Negeri Cilacap, Jawa Tengah. Foto: Antara/Idhad Zakaria.

Jakarta: Kaki narapidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir masih bermasalah. Dia pun harus rutin berobat ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana, Salemba, Jakarta.

"Tetap kaki (yang diobati), tadi saja jalannya susah," kata orang kepercayaan Ba'asyir, Hasyim Abdullah, di RSCM Kencana, Jalan Pangeran Diponegoro, Senen, Jakarta Pusat, Senin, 16 April 2018.

Menurut dia, Pimpinan Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) itu belakangan kerap mengalami keram. Masalah ini sering terjadi saat Ba'asyir tidur dan duduk.

"Bengkak kakinya sih sudah kurang. Kata dokter ada semacam pengapuran juga, nyeri," terang Hasyim.

Hasyim menerangkan Ba'asyir akan ditangani Dokter Bedah Vascular Dedy Pratama dan
Dokter Spesialis Penyakit Dalam Kuntjoro Harimurti. Ba'asyir mendapatkan perawatan di lantai 6 RSCM. 

Baca: Ba'asyir Menolak Pindah dari Lapas Gunung Sindur

Ba'asyir telah berulang kali melakukan cek kesehatan di RSCM Kencana. Cek kesehatan kali ini adalah kontrol yang ketujuh. 

Ba'asyir telah divonis atas sejumlah kasus teror bom dan pendirian kelompok militan Al-Qaeda di Indonesia. Ia dituding sebagai kepala spiritual kelompok militan Jemaah Islamiyah (JI) yang mengotaki peristiwa Bom Bali I dan II. 



(OGI)