Harga Sembako Dipastikan Stabil

Achmad Zulfikar Fazli    •    Senin, 02 Apr 2018 15:20 WIB
harga sembako
Harga Sembako Dipastikan Stabil
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman/MI/Yose

Jakarta: Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menjamin harga sembako stabil jelang Ramadan dan Idulfitri 2018. Berbagai pengambil kebijakan maupun pelaku usaha telah bertemu dan bersepakat.

"Kami laporkan sudah bertemu asosiasi daging, ayam, telur, beras, seluruh pangan strategis, dan kita sepakat. Bahkan Pak Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno juga ikut, sudah tanda tangan menjaga harga tetap stabil," kata Amran di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 2 April 2018.

Amran telah mendorong rantai pasok dari daerah demi menjaga stabilitas harga. Pemerintah juga telah mempersiapkan bawang putih impor, bawang merah, dan daging untuk mencegah lonjakan harga.

"Stok itu kita harus mempersiapkan bulan suci ramadan. Stok itu naik dari total kebutuhan 30-40 persen, untuk mengantisipasi gejolak harga. Kita bekerja dari awal," tegas dia.

Amran mengatakan semua komoditas strategis akan disiapkan dalam jumlah cukup dan di atas 20-30 persen daripada kebutuhan. Tak ada alasan harga ayam, telur, bawang merah, hingga cabai naik.

"Nah, kita sudah ekspor, dulu kita impor. Sekarang sudah ekspor, jadi tidak ada alasan lagi harganya naik. Jagung ekspor, coba dong sekali-kali tanya kapan lagi kita ekspor. Itu menarik kan," beber dia.

Amran juga memerintahkan jajarannya sejak dini menggelar operasi pasar besam Pemerintah Provinsi DKI.


(OJE)