Pendaftaran Capres Dijaga Ketat

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 09 Aug 2018 15:07 WIB
pilpres 2019
Pendaftaran Capres Dijaga Ketat
Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto. Foto: Medcom.id/Dian Ihsan Siregar.

Jakarta: Kepolisian bakal mengamankan Gedung Komisi Pem‎ilihan Umum (KPU) selama proses pendaftaran calon presiden dan wakil presiden, Jumat, 10 Agustus 2018. Pengamanan yang dilakukan agar tidak terjadi gesekan dan benturan.

"Kami akan kanalisasi, ini lebih kepada operasional di lapangan. Jadi, tentunya teman-teman‎ yang di lapangan akan atur sebaik-baiknya karena pada saat pendaftaran capres dan cawapres akan diikuti oleh banyak massa," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto, di Mabes Polri, Jakarta, Kamis, 9 Agustus 2018.

Pengamanan terhadap gedung KPU dan gedung sekitarnya, kata dia, adalah t‎anggung jawab kepolisian. Untuk itu, proses pendaftaran perlu dijaga dengan baik, agar tidak ada kejadian yang tak diinginkan.

Terkait berapa ring yang akan dibuat, jenderal bintang dua ini tidak bisa menyebutkan. Alasannya, semua tergantung berapa jumlah massa yang akan berkumpul pada masa pendaftaran.

"Kalau landai kita tidak perlu perkuatan. Kalau situasi ada eskalasi, ada penebalan dan perkuatan juga. Itu yang akan kita lakukan," sebut dia.

Baca: Andi Arief Kembali Memojokkan Sandiaga Uno di Twitter

Dia‎ mengimbau pendaftaran‎ tidak diikuti massa yang terlalu banyak. Lalu, masing-masing kelompok yang mendaftarkan juga harus memiliki koordinator lapangan (korlap) dalam memantau massa. 

"Harus ada semacam korlap yang bisa mengatur jangan sampai ada aksi-aksi di luar batasan, karena ini akan merugikan kita semuanya. Itu yang kita tidak inginkan," pungkas dia.



(OGI)