Wiranto Ingin Demokrasi dan Hukum Seimbang

M Rodhi Aulia    •    Selasa, 29 Nov 2016 07:46 WIB
unjuk rasa
Wiranto Ingin Demokrasi dan Hukum Seimbang
Menkopolhukam Wiranto. Ant/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Menkopolhukam Wiranto mengingatkan demokrasi dan hukum tidak boleh saling menafikan. Demokrasi dan hukum harus tetap seimbang dalam sistem hidup berbangsa dan bernegara.

"Tak kala demokrasi dengan nafas kebebasan yang diaplikasikan dengan kebebasan yang sebebas-bebasnya, dan hukum tidak dapat meredam itu, maka anarkis. Itu bisa terjadi dari apa saja," kata Wiranto dalam program Primetime News, Metro TV, Senin (28/11/2016).

Begitupun sebaliknya. Ketika hukum terlalu kuat sehingga menekan demokrasi dan menekan kebebasan yang terjadi adalah pemerintahan otoriter. Wiranto ingin demokrasi dan hukum tetap seimbang.

"Sekarang sedang kita pelihara keseimbangan ini. Kebebasan boleh di negara demokrasi, tapi ada batasannya, ada rambu-rambu. Untuk perorangan juga demikian, ada hak dan ada kewajiban," ucap dia.

Menurut Wiranto, akan selalu ada pihak yang berupaya merusak keseimbangan tersebut. Wiranto berharap kebebasan yang dijamin dalam sistem demokrasi ini harus bersandar pada hukum.

"(Dengan itu) kita akan aman-aman saja. Itu yang sedang kita jaga keseimbangan itu," pungkas dia.


(OGI)

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

26 minutes Ago

Dia menegaskan hanya menyampaikan kinerjanya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta defenit…

BERITA LAINNYA