Cerita Menaker Pernah Menjadi Anak PMI

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 10 Oct 2018 09:12 WIB
berita kemenaker
Cerita Menaker Pernah Menjadi Anak PMI
Menaker M Hanif Dhakiri (Foto:Dok.Kemenaker)

Maumere: Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri menceritakan masa kecilnya sebagai anak pekerja migran Indonesia (PMI). Ibunda Hanif menjadi PMI di Arab Saudi.

"Saya ini anak PMI asli. Ibu saya enam tahun di Arab Saudi. Namanya PMI, ada yang sukses, ada yang biasa saja. Alhamdulillah, ibu saya dalam keadaan baik,” ujar Hanif, saat mengunjungi Desa Bone, Nusa Tenggara Timur (NTT), sebagaimana dikutip siaran persnya, Rabu, 10 Oktober 2018.

Hanif mengaku senang berkumpul dengan keluarga PMI karena ingin selalu memberikan semangat untuk menggapai kehidupan yang lebih baik. Dia ingin ke depannya keluarga PMI jangan sampai melahirkan PMI lagi.

“PMI harus melahirkan doktor, PMI harus melahirkan insinyur, PMI harus melahirkan camat, PMI harus melahirkan bupati, PMI harus melahirkan menteri. Bahkan mungkin saja PMI melahirkan presiden bagi Republik Indonesia,” ujar Hanif menyemangati.

Ketika bekerja di luar negeri, kata Hanif, ada tiga hal yang harus dipersiapkan, yakni siap mental, skill (keahlian), dan penguasaan bahasa asing. Jika ketiganya belum siap, dia menganjurkan jangan dipaksakan bekerja di luar negeri.

"Ketiga hal tersebut merupakan salah satu bentuk perlindungan pekerja migran kita di luar negeri," tuturnya.

Soal kasus perdagangan manusia yang banyak terjadi di NTT, kini dapat diatasi melalui program desa migran produktif (Desmigratif). "Ini program yang sederhana, tapi intinya bagaimana bisa memberikan pelayanan dan perlindungan sejak dari desa. Karena kalau perlindungannya dari desa, risiko juga bisa kita kurangi,” ucap Hanif.


(ROS)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA