Gelar Aksi Nyata, GNRM Edukasi Pedagang Lenggang Jakarta

Pelangi Karismakristi    •    Senin, 28 Nov 2016 19:00 WIB
menko pmk
Gelar Aksi Nyata, GNRM Edukasi Pedagang Lenggang Jakarta
GNRM berikan edukasi memasak yang baik kepada pedagang Lenggang Jakarta. Foto: Dok. Menko PMK

Mertrotvnews.com, Jakarta: Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) sukses menggelar aksi nyata Gerakan Indonesia Bersih di area kuliner Lenggang  Jakarta. Kegiatan tersebut merupakan bentuk nyata perubahan gerakan bersih yang bisa dipahami dan mulai dilakukan masyarakat terutama pedagang kuliner binaan Dinas UMKM dan Perdagangan DKI Jakarta itu.

Kegiatan yang dibuka pada hari Sabtu (26/11/2016) tersebut dibuka dengan sambutan Kepala Dinas UMKM dan Perdagangan DKI Jakarta, lalu dilanjutkan dengan laporan kegiatan oleh Asisten Deputi Nilai dan Kreatifitas Budaya. Untuk meramaikan acara, GNRM telah menyiapkan tari-tarian Betawi dengan iringan musik tradisional serta kolaborasi masak Kemenko PMK, Pemprov DKI dan pesohor boga Sisca Soewitomo. 

Acara masih berlanjut pada keesokan harinya, Minggu (27/11/2017) dengan kegiatan yang tak kalah serunya. Di hari kedua ini, terlihat sekali antusias para peserta yang mengikuti agenda bertemakan Bersih, Enak, Sehat (BEST) Sajian Indonesia ini. 

Hal tersebut nampak dari banyaknya peserta yang mengikuti seluruh rangkaian acara, mulai dari senam bersama, kolaborasi masak bersamaIndonesian Chef Association (ICA) yang terdiri dari Sisca Soewitomo dan Kungfu Chef Muto dan Sekretarian Revolusi Mental. 



Sembari memasak, para pengunjung dan pedagang Lenggang Jakarta tak hentinya diberikan  informasi untuk menjaga kualitas makan supaya bersih, enak dan juga sehat saat dikonsumsi. Sehingga tidak ada keraguan wisatawan untuk mencicipi makanan Indonesia yang terjamun mutunya.

Tak hanya itu saja, atraksi kungfu menggunakan alat dan bahan memasak oleh Chef Muto menjadi magnet bagi pengunjung untuk tetap mengikuti acara. Bahkan bagi pengunjung yang bisa menjawab pertanyaan seputar kuliner nusantara, berhak mendapatkan hadiah menarik.

Di akhir acara, dilangsungkan pembagian sertifikat kepada perwakilan pedagang Lenggang Jakarta.  Apresiasi juga diberikan kepada dua peserta terbaik yang mengikuti pelatihan BEST Sajian Indonesia, yang telah terlaksana pada 22 November lalu di Kantor Dinas Kesehatan DKI dan diikuti pleh 134 Pedagang Kreatif Lapangan (PKL) Lenggang Jakarta.  

Untuk diketahui Gerakan Indonesia Bersih BEST Sajian Indonesia ini digelar dalam rangka mempersiapkan Jakarta dengan beragam kuliner bersih, enak dan sehat untuk menyambut wisatawan, serta mendukung kenyamanan wisatawan saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Rencananya, kegiatan serupa juga akan digelar di pusat-pusat wisata kuliner Indonesia. 

Sedangkan materi yang akan disampaikan yakni meliputi Keamanan Pangan yang Bersih dan Sehat mulai dari bersih dalam persiapan, pengolahan makanan, tentunya bersih dan juga sehat secara personal sebagai pelaku/pengolah makanan dan terus berinovasi menggunakan komoditas lokal sebagai bahan pembuatan kuliner Indonesia. Kuliner citarasa Indonesia harus dilestarikan serta dijaga kualitasnya untuk menarik wisatawan dalam dan luar negeri.

Aksi nyata GNRM ini merupakan kegiatan lintas sektoral dari Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Daerah, dan komunitas Masyarakat. Sesuai dengan semangat Revolusi Mental untuk meningkatkan budaya gotong royong inilah bentuk kerjasama Kemenko PMK, Provinsi DKI Jakarta, BPOM, Bank Indonesia, dan Asosiasi Chef Indonesia.


(ROS)