Ikuti Aksi Nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental di Lenggang Jakarta, Akhir Pekan Ini

M Studio    •    Jumat, 25 Nov 2016 18:21 WIB
menko pmk
Ikuti Aksi Nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental di Lenggang Jakarta, Akhir Pekan Ini
Monas (Foto:Antara/Widodo S Jusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejak resmi digulirkan dan terus berjalan dalam waktu dua tahun terakhir, Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) masuk ke semua lini lapisan masyarakat melalui berbagai sarana dan bentuk. Yang teranyar, GNRM menggelar kegiatan aksi nyata Gerakan Indonesia Bersih di area Kuliner Lenggang Jakarta kawasan Irti Monas dengan tema "Bersih, Enak, Sehat (BEST) Sajian Indonesia."

Acara yang akan diselenggarakan pada Sabtu dan Minggu (26 dan 27 November 2016) itu diharapkan mewujudkan aksi nyata gerakan bersih oleh masyarakat, khususnya pedagang kuliner Lenggang Jakarta yang merupakan binaan Dinas KUMKM dan Perdagangan DKI Jakarta.

Peserta dalam acara ini adalah pedagang makanan dan pengunjung Monas yang terdiri dari berbagai kalangan dan umur, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan mewujudkan sajian makanan yang bersih, enak dan sehat, serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Acara digelar dalam rangka mempersiapkan Jakarta dengan beragam kuliner bersih, enak, dan sehat untuk menyambut wisatawan, serta turut mendukung kenyamanan wisatawan atau pendatang saat Indonesia menjadi tuan rumah pada Asian Games 2018. Lebih jauh, ingin menciptakan keyakinan bahwa kuliner Indonesia telah disiapkan dengan bersih dan enak yang akan membuat badan sehat.

Aksi nyata GNRM ini merupakan kegiatan lintas sektoral dari Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Daerah, dan komunitas Masyarakat. Sesuai dengan semangat Revolusi Mental untuk meningkatkan budaya gotong royong, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK),
mencoba mengangkat pentingnya melayani, bersih dan tertib lingkungan sekitar.

Program ini merupakan kerja sama Kemenko PMK, Provinsi DKI Jakarta, BPOM, Bank Indonesia, Asosiasi Chef Indonesia dan Asosiasi Gastronomi Indonesia untuk menciptakan SDM wirausaha makanan (PKL) yang beretos kerja dan beritegritas tinggi dengan mengedepankan keamanan pangan.

Kegiatan Sosialisasi dan aksi nyata GNRM diawali dengan melakukan pelatihan bagi pedagang kreatif lapangan (PKL-dahulu disebut pedagang kaki lima) Lenggang Jakarta dengan materi Keamanan Pangan yang Bersih dan Sehat mulai dari bersih dalam persiapan, pengolahan makanan, tentunya bersih dan sehat secara personal sebagai pengolah makanan sampai pada pengenalan aplikasi laporan keuangan Siapik.

Pelatihan telah dilaksanakan pada 22 November 2016, di Kantor Dinas Kesehatan DKI diikuti oleh 134 PKL dengan berbagai materi disampaikan oleh perwakilan Kemenko PMK, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, BPOM, Bank Indonesia dan Asosiasi Chef Indonesia.

Aplikasi langsung dari hasil materi pelatihan yang telah didapat dilanjutkan dengan aksi nyata memberi panggung aksi masak bersama kolaborasi pesohor boga dengan pedagang makanan Lengang Jakarta.

Pada Sabtu dan Minggu (26 dan 27 November 2016), akan ada rangkaian acara menarik seperti senam sehat bersama, pertunjukkan budaya dan musik, parade makanan, dan sejumlah kuis interaktif GNRM dengan hadiah menarik juga menarik pengunjung Lenggang Jakarta yang ramai diwaktu malam minggu dan minggu pagi.

Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) sebagai suatu gerakan sosial bangsa Indonesia bertekad menanamkan nilai-nilai luhur ke-Indonesia-an untuk mewujudkan tiga pilar Trisakti. Revolusi Mental adalah perubahan secara cepat dalam cara pikir, cara kerja, cara hidup dan sikap serta perilaku bangsa Indonesia yang mengacu nilai-nilai strategis yaitu integritas, etos kerja dan gotong royong berdasarkan Pancasila yang berorientasi pada kemajuan, agar Indonesia menjadi negara yang maju, modern, makmur, sejahtera dan bermartabat.

Dalam mengimplementasikan nilai-nilai Revolusi Mental, ditetapkan lima gerakan aksi nyata perubahan yakni Gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Bersih, Gerakan Indonesia Tertib , Gerakan Indonesia Mandiri, dan Gerakan Indonesia Bersatu.

Keberhasilan Revolusi Mental tentunya memerlukan usaha dan dukungan bersama-sama baik dari pemerintah, partisipasi dunia usaha, dunia pendidikan dan semua warga negara.


(ROS)