Tiga Negara Tingkatkan Kerja Sama Penjagaan Laut Sulu

M Rodhi Aulia    •    Jumat, 13 Oct 2017 08:34 WIB
keamanan laut
Tiga Negara Tingkatkan Kerja Sama Penjagaan Laut Sulu
Foto: Istimewa

Metrotvnews.com, Jakarta: Tiga Menteri Pertahanan (Menhan) dari Indonesia, Malaysia dan Filipina sepakat meningkatkan kerjasama penjagaan perairan Laut Sulu dan sekitarnya. Ketiga Menhan itu meluncurkan trilateral Air Patrol di Air Force Base, Subang, Malaysia, Kamis 12 Oktober 2017.

"Bentuk kerja sama ini nantinya juga akan diintegrasikan dengan patroli dan latihan darat menggunakan mekanisme yang sudah dikoordinasikan serta disusun sebelumnya," kata Menhan Ryamizard Ryacudu dalam siaran pers, Kamis 12 Oktober 2017.

Ryamizard menjelaskan ketiga Menhan telah memikirkan penjagaan perairan Sulu sejak 2016. Dari sana muncul kerjasama patroli maritim ketiga negara yang diawali dengan peresmian penggunaan MCC (Martitme Command Control) dan Launching TMP lndomalphi di Tarakan pada 19 Juni 2017.

"Kegiatan ini juga akan menjadi satu role model yang komprehensif guna memberikan jaminan keamanan bagi pengguna lalu lintas seperti nelayan, transportasi serta eksplorasi kekayaan  perairan di kawasan laut Sulu," ujar dia.

Baca: Menhan: Laut China Selatan dan Laut Sulu Sudah Terkendali

Menurut Ryamizard, pihaknya mencontoh konsep yang berhasil diterapkan di Selat Melaka. Keberhasilan itu ditandai dengan kejahatan laut dapat berkurang secara drastis.

"Kerjasama akan sangat berguna untuk mengatisipasi setiap gerakan-gerakan foregein fighters yang mulai kembali ke negara masing-masing akibat terdesaknya gerakan ISIS di wilayah Suriah dan lrak," ujar dia.



Ryamizard menegaskan, permasalahan yang terjadi di wilayah teritorial harus diatasi oleh negara-negara yang berbatasan langsung. Ia juga berharap upaya ini dapat menjadi pemicu terciptanya rasa aman bagi rakyat dan pengguna lintas laut yang berada di kawasan tersebut.


(YDH)