Menkeu: Tidak ada Negara Kompetitif yang Infrastrukturnya Tertinggal

Faisal Abdalla    •    Senin, 14 Aug 2017 17:19 WIB
pembangunan
Menkeu: Tidak ada Negara Kompetitif yang Infrastrukturnya Tertinggal
Simposium Nasional dengan tema "Bangkit Bergerak, Pemuda Indonesia Majukan Bangsa" - MTVN/Faisal Abdalla,

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaskan prioritas pemerintah dalam membangun infrastruktur dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat. Infrastruktur dinilai sebagai kunci untuk mewujudkan negara yang masyarakatnya kompetitif.

"Tidak ada negara kompetitif yang infrastrukturnya tertinggal. Makanya Presiden Jokowi sangat fokus pada infrastruktur," tegas Ani sapaan Sri Mulyani di depan peserta Simposium Nasional dengan tema "Bangkit Bergerak, Pemuda Indonesia Majukan Bangsa" yang digelar oleh organisasi sayap PDI-Perjuangan, Taruna Merah Putih, di Balai Kartini, Senin 14 Agustus 2017.

Ani menuturkan, kondisi geografis Indonesia yang berupa negara kepulauan membuat infrastruktur semakin esensial dalam pembangunan ekonomi, "Kalau mau bicara tentang kompetisi ekonomi, tidak mungkin hanya fokus di Jakarta dan Jawa saja, tapi seluruh Indonesia," imbuh Mantan Managing Director World Bank tersebut.

Selain infrastruktur, Ani menyebut program-program subsidi pemerintah seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) merupakan salah satu usaha pemerintah untuk membangun masyarakat yang sehat dan kompetitif.

"Itu investasi agar kelompok muda bisa jadi mahluk yang sehat dan kompetitif. Dalam konteks itu, pendidikan dan kesehatan sangat critical," pungkas dia. 
 


(REN)