Achmad Taufiqoerrochman Dilantik Jadi Kepala Bakamla

Dheri Agriesta    •    Jumat, 09 Nov 2018 18:14 WIB
menkopolhukam
Achmad Taufiqoerrochman Dilantik Jadi Kepala Bakamla
Laksamana Madya Achmad Taufiqoerrochman dilantik sebagai Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) - Medcom.id/Dheri Agriesta.

Jakarta: Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan melantik Laksamana Madya Achmad Taufiqoerrochman sebagai Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla). Achmad menggantikan Laksamana Madya Arie Soedewo.

Usai pelantikan, Achmad menegaskan pentingnya pengamanan laut. Tapi, hal itu tak bisa dikerjakan sendiri. Butuh dukungan dari berbagai pemangku kepentingan terkait untuk menjaga laut Indonesia. 

"Kita tahu stakeholder yang ada di laut itu banyak, dengan Undang-undang sendiri, doktrin, dan strategi sendiri, ini menjadi tantangan bagi Bakamla bagaimana kita bisa menyatukan modal itu," kata Achmad usai pelantikan di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat, 9 November 2018. 

Penyatuan visi diperlukan untuk menjalankan operasi keamanan laut. Ia menambahkan seluruh pemangku kepentingan harus duduk bersama menyatukan pandangan melihat tujuan pengamanan laut itu. 

(Baca juga: KPK Periksa Kepala Bakamla)

"Jadi lebih banyak bagaimana kita melihat tujuan, bukan bagaimana pelaksanaan, pelaksanaan sesuai masing-masing," kata dia. 

Achmad bakal menyambangi sejumlah kementerian dan lembaga terkait untuk berkoordinasi. Kementerian dan lembaga itu seperti TNI dan Kepolisian. 

"Kementerian Luar Negeri terkait kebijakan pemerintah dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi terkait personel," kata dia. 

Achmad sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Laut. Lulusan akademi Angkatan Laut tahun 1985 itu juga pernah menjabat sebagai Panglima Komando Armada RI kawasan barat.

(Baca juga: Kabakamla Memberikan Rp1 Miliar ke Bambang Udoyo)




(REN)