Dosen Politeknik Wajib Kantongi Sertifikat Kompetensi

Intan Yunelia    •    Selasa, 04 Dec 2018 15:35 WIB
Pendidikan Tinggi
Dosen Politeknik Wajib Kantongi Sertifikat Kompetensi
Tim Robotika Politeknik Negeri Bandung tengah mendemonstrasikan dua robot ciptaannya, MI/Rommy Pujianto.

Jakarta: Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir menargetkan semua dosen di Perguruan Tinggi Politeknik harus memiliki sertifikasi kompetensi hingga 2019 nanti. Hal tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di bidang vokasi.

“Semua dosen harus mendapat setifikat kompetensi. Kalau dosennya nggak punya sertifikat kompetensi bagaimana mahasiswanya,” kata Nasir usai Pembukaan Hari Antikorupsi Sedunia 2018 di Hotel Bidakara, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Selasa, 4 Desember 2018.

Hal ini, kata Nasir, bagian dari revitalisasi dosen politeknik yang selama ini sudah berjalan di tahap pertama. Di mana saat ini, sudah 800 dosen yang sudah mengantongi sertifikat kompetensi. 

“Kemarin yang sudah saya lakukan sekitar 800-an orang ya. Yang 350 itu di luar negeri ,450 dalam negeri ini kan baru sekitar 800,” ujar Mantan Rektor Terpilih Universitas Diponegoro (Undip), Semarang ini.

Baca: Pimpinan Perguruan Tinggi Wajib Laporkan LHKPN

Dalam tahun 2019 nanti bagaimana seluruh dosen politeknik di Indonesia ditargetkan wajib memiliki sertifikat kompetensi.  Kemenristekdikti akan mencoba mengajukan anggaran khusus untuk kebutuhan tersebut.

“Padahal kita masih punya dosen politeknik sekitar 10.000 hingga 12.000 orang lagi. Yang lainnya bagaimana, dan kita akan ajukan anggaran berikutnya agar sertifikasi lebih masif,” papar Nasir.


(CEU)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA