Saat Mudik, Pesawat tak Harus Transit di Jakarta

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 18 Apr 2017 08:01 WIB
mudik lebaran 2017
Saat Mudik, Pesawat tak Harus Transit di Jakarta
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Bandara Soekarno Hatta, Jumat 14 April 2017. Foto: Metrotvnews.com/Dian Ihsan Siregar

Metrotvnews.com, Sleman: Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi berharap pesawat yang mengangkut pemudik tak harus transit di Jakarta untuk mengangkut penumpang. Dia yakin, jika maskapai bisa mengoptimalkan slot penerbangan, maka tak perlu transit pun pesawat bisa penuh.

"Yogyakarta dan Jawa Tengah, seperti Semarang dan Solo, ini salah satu tujuan banyak pemudik. Pergerakan (penerbangan) dari Kalimantan, Makassar tak harus ke Jakarta, langsung (bisa) penuh," kata Budi usai berkeliling Bandar Udara Adisutjipto, Yogyakarta, Senin petang 17 April 2017. 

Ia mengatakan Bandara Adisutjipto masih memiliki slot penerbangan untuk menyambut musim mudik Lebaran 2017. Slot ini bisa mengambil penerbangan militer yang sedang libur. Tambahan slot penerbangan diperkirakan selama tiga jam.

"Slotnya (penerbangan) mulai pukul 21.00 hingga 24.00 WIB. Yogyakarta mempunyai slot yang relatif banyak," ujar Budi. 

Ia meminta pihak PT Angkasa Pura I mendiskusikan hal ini dengan otoritas di Jakarta. Menurut dia, slot tersebut bisa dimanfaatkan sejumlah maskapai penerbangan agar pengangkutan penumpang tak harus dengan transit di Jakarta. 

Menurut Budi, masih ada waktu untuk menyiapkan jadwal penerbangan di slot yang ada di Bandara Adisutjipto. Ia juga mengaku sudah menginstruksikan Dirjen Perhubungan Udara agar menawarkan slot penerbangan tambahan di Bandara Adisutjipto untuk menyambut pemudik. 

Ia memperkirakan, jika saban hari Bandara Adisutjipto bisa melayani hingga 20 ribu penumpang, maka bisa menambah hingga 6-7 ribu penumpang. 

"Tapi, maskapai penerbangan belum tentu mau. Ada kemungkinan kalau (jadwal penerbangan) malam mau," kata dia.

Budi memantau Bandara Adisutjipto untuk persiapan menyambut pemudik Lebaran 2017. Budi bungah karena melihat sejumlah perbaikan fasilitas, seperti perbaikan apron yang menghubungkan dua terminal di bandara tersebut, yakni terminal A dan B.

 


(UWA)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA